Tiga Tips Merawat Sepeda Motor Agar Lebih Awet untuk Beraktivitas

JAKARTA, SuaraMerdekaJkt.com – Sepeda motor sudah menjadi modal transportasi andalan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Menjaga kondisi sepeda motor yang prima sangat dibutuhkan agar sepeda motor dapat dipakai untuk berkendara jauh, melintasi jalanan yang macet, ataupun membawa beban berat.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setiap pemilik sepeda motor agar kondisi sepeda motor mereka selalu prima dan tidak mudah mogok.

Berikut tiga rekomendasi merawat sepeda motor agar selalu bisa diandalkan untuk beraktivitas sehari-hari:

  1. Pahami fungsi komponen sepeda motor dan lakukan pengecekan rutin.

Sepeda motor memiliki banyak komponen yang saling terhubung. Jika salah satu komponennya rusak, maka kerusakan tersebut akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

Sebagai contoh, konsumsi bahan bakar yang boros dan tarikan mesin berat menjadi salah satu efek samping dari menumpuknya kotoran di filter udara, throttle body, area CVT, dan pertanda kinerja oli yang mulai menurun.

2. Lakukan servis secara rutin

Kebanyakan pengguna sepeda motor terkadang kurang peka dengan gejala kerusakan yang dialami sepeda motor.

Selama motor masih bisa jalan, maka pilihan untuk servis atau sekedar melakukan pengecekan masih urung dilakukan.

Jika tidak memiliki keterampilan melakukan pengecekan komponen sepeda motor sendiri, maka solusi praktisnya adalah melakukan servis secara rutin. Jadwal servis sepeda motor yang direkomendasikan adalah setiap 3.000 sampai 5.000 KM sekali.

Atau jika berpatokan dengan waktu, setiap 2 atau 3 bulan sekali, tergantung waktu yang mana yang tercapai lebih dulu.

Servis Rutin di Planet Ban meliputi pembersihan throttle body dan CVT secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar asupan udara yang masuk ke ruang bakar optimal, dan tidak ada kotoran yang masuk bersama udara ke ruang bakar selama mesin bekerja.

BACA JUGA :  Catatkan Laba Bersih 1,7 Triliun, Bank BJB Konsisten Bertumbuh Positif di Tahun 2020

Komponen CVT dan CVT beltnya juga dibersihkan secara menyeluruh agar tidak ada kotoran yang menempel sehingga akselerasi tetap stabil.

3. Memilih oli yang tepat

Selain servis rutin, motor juga perlu melakukan penggantian oli. Pemilihan jenis oli berkualitas tinggi pun penting untuk memastikan kinerja sepeda motor selalu prima.

Di Planet Ban, oli yang digunakan untuk penggantian oli adalah oli X-Ten Full Synthetic Ester. Oli tersebut mempunyai ketahanan 2x lebih lama dibandingkan oli biasa lainya serta mampu melumasi mesin dan mencegah gesekan kasar selama mesin bekerja dan menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga bebas overheat selama motor bekerja.

Selain itu, oli X-Ten juga mampu menjaga mesin bebas karat sehingga mesin lebih awet dan tahan lama.

Budi Rochmanudin, Marketing Deputy Division Head Planet Ban mengatakan, “Sebagai

pusat servis motor berkualitas, kami selalu berupaya memberikan pelayanan dan harga yang terbaik bagi pelanggan kami’’.

‘’Kami juga memastikan bahwa komponen dan oli yang kami tawarkan memiliki kualitas terbaik yang cocok digunakan untuk menjaga kinerja sepeda motor pelanggan kami secara optimal,’’ lanjut Budi.

‘’Selain itu, kami juga berpartisipasi dalam kampanye 10.10 ShopeePay Double Deals yang menghadirkan berbagai promo-promo menarik bagi pelanggan kami selama periode kampanye pada tanggal 28 September-10 Oktober 2021,” urainya.

Itu tadi tiga tips yang bisa dilakukan untuk merawat sepeda motor agar lebih awet dan selalu dalam keadaan prima.

Buka fitur Deals Sekitarmu yang dapat diakses melalui halaman utama aplikasi Shopee, dan cari cabang Planet Ban terdekat untuk melakukan servis sepeda motor menggunakan promo menarik dari ShopeePay.

Nikmati promo voucher cashback 100% menggunakan ShopeePay selama periode kampanye 10.10 ShopeePay Double Deals untuk melakukan servis atau penggantian oli yang lebih hemat.***

BACA JUGA :  Triwulan I 2021 bank bjb Catatkan Laba Bersih Tumbuh 15,2%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *