Professional Women’s Week Upaya Nina Nugroho Melejitkan Keberdayaan Perempuan Indonesia

JAKARTA, SuaraMerdekaJkt.com – Desainer Nina Nugroho menginisiasi acara Professional Women’s Week (PWW). Gelaran ini didedikasikan untuk mendukung para wanita profesional di seluruh Indonesia menikmati kehidupan terbaiknya dengan mengoptimalkan kontribusi multi-perannya di kantor dan di rumah.

Dilaksanakan secara Hybrid (Online dan offline) dari tanggal 20-24 September 2021 dan dalam skema PPKM dan protokol Kesehatan yang ketat. Professional Women’s Week gelaran Nina Nugroho ini menyajikan acara dalam format yang bersahabat dengan teman tuli dan sahabat disabilitas.

Tema PWW tahun ini adalah #akuberdaya (hastag akuberdaya), sebuah tema sentral yang menjadi jiwa dari semua produk dan aktivitas NINA NUGROHO.

‘’Kami percaya, wanita Indonesia adalah individu yang berdaya dalam apapun peran yang dimainkannya. PWW adalah sebuah perayaan atas keberdayaan itu. Keberdayaan yang menjadi pondasi utama negeri ini, masa kini dan masa yang akan datang,’’ tutur Nina Nugroho dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Jumat, 17 September 2021.

Hastag akuberdaya memiliki makna bahwa wanita pada dasarnya sudah memiliki daya dalam dirinya. Secara alami, wanita mampu memikul rasa sakit melahirkan dengan nyawa sebagai taruhannya. Wanita memiliki kemampuan multi-tasking serta keluasan hati yang tak ada ujungnya. Wanita adalah tonggak keluarga. Maka kami tidak menggunakan istilah ‘pemberdayaan’, melainkan ‘keberdayaan’.

‘’Wanita bukannya perlu diberdayakan, melainkan dilejitkan keberdayaannya. Itulah misi kami. Melalui gelaran PWW ini, mari bersama-sama kita luncurkan gerakan #akuberdaya,’’ ajak Nina Nugroho.

PWW diselenggarakan dalam lima hari. Empat hari berturut-turut berupa event Charity Sale, Talk Show dan Sharing Online yang menghadirkan 12 (dua belas) pembicara nasional dan tokoh profesional, kemudian ditutup pada hari kelima dengan event offline Gala Luncheon, fashion show dan diskusi panel yang akan dihadiri oleh 50 (lima puluh) tokoh perempuan. Event ini akan diikuti oleh ribuan wanita Indonesia.

CHARITY SALE

Event Charity Sale ini akan berlangsung pada tanggal 6 – 21 September 2021, menghadirkan Catwalk Collectionsdan product Collections Brand NINA NUGROHO. Untuk Catwalk Collections, Lebih dari 30 (tiga puluh) busana yang telah melenggang di berbagai pagelaran busana dunia, seperti Turino

Fashion Week, Hongkong Fashion Week, ASC New York Fashion Week dan pergelaran fashion bergengsi tanah air seperti Indonesia Fashion Week, Muslim Fashion Festival dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Bank Indonesia di donasikan oleh Brand NINA NUGROHO untuk dapat dibeli oleh para donatur. Dan 80 (delapan puluh) koleksi produk dalam berbagai kategori yang dapat menjadi pilihan para donatur.

BACA JUGA :  Nina Nugroho Solution Upcycling dan Corporate Uniform Kesempatan Baru Industri Fesyen di Masa Pandemi

Hasil penjualan dari setiap busana Catwalk Collections dan Product Collections akan ditujukan kepada Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur-an di Klaten Jawa Tengah, untuk membiayai para santri penghafal Al-Qur`an sampai dengan hafal 30 juz AL-qur’an.

TALKSHOW

Merupakan rangkaian acara dari Professional Women`s Week 2021 yang dilaksanakan secara online pada hari Senin 20 September 2021 sampai dengan Kamis 23 September 2021. Setiap hari nya terdapat 2 sesi talkshow yang menghadirkan narasumber luar biasa. Mengangkat tema besar meningkatkan keberdayaan wanita Indonesia sekaligus memberikan jawaban tantangan multiperan wanita dalam kondisi pandemik Covid-19.

Terdapat 12 (dua belas) pembicara yang menjadi narasumber dalam talkshow yang akan berbicara tentang 4 (Empat) sub-tema yaitu, karier, keluarga, sosial, kecantikan dan fashion.

Berikut Jadwal Talkshow Professional Women`s Week 2021;

No. Tanggal Narasumber Tema
1 Sesi 1

Senin 20/9

14.00-15.30

Indrawan Nugroho

(CEO & Co-founder CIAS)

Wanita Pengusaha : Strategi Menang di Dunia Laki-laki
2 Sesi 2

Senin 20/9

15.35-17.00

1.Intan Ayu Kartika

Brand Director Danone-Aqua

2. Prita Kemal Gani

Founder & Director LSPR

3. Hany Seviatry

Owner Batik Krakatou

Sukses Berkarier ditengah tantangan multiperan
3 Sesi 1

Selasa 21/9

14.00-15.30

Tri Mumpuni

(Direktur Eksekutif IBEKA Inisiatif Bisnis & Ekonomi Kerakyatan)

Menolong Sesama Melalui Wirausaha Sosial
4 Sesi 2

Selasa 21/9

15.35-17.00

Linda Amalia Sari Gumelar

(Founder&Chairperson Yayasan Kanker Payudara Indonesia YKPI)

Bagaimana Wanita Bangkit saat Mengalami Perubahan Drastis Dalam Kehidupannya
5 Sesi 1

Rabu 22/9

14.00-15.30

Indra Noveldy

(Konsultan Pernikahan)

Membangun keluarga yang bisa Menjawab Tantangan
6

 

 

Sesi 2

Rabu 22/9

15.35-17.00

 

Dr. Muhammad Faisal

(Executive Director&Youth Researcher, Youth Laboratory Indonesia, PT Kreasi Pemuda Indonesia)

Menyiapkan Anak-anak Agar Menjadi Generasi Pejuang
7 Sesi 1

Kamis 23/9

14.00-15.30

WARDAH Professional Make up Look
8 Sesi 2

Kamis 23/9 15.35-17.00

Nina Nugroho

(Designer dan CEO PT.Nina Nugroho International)

dan

Eva Yunizar

(Senior Anchor CNN Indonesia & Manager Anchor CNN Indonesia)

Professional Modest Fashion

 

FASHION SHOW

Fashion Show dilaksanakan secara virtual di tanggal 20-23 September 2021 dan secara live di tanggal 24 September 2021. Terdiri dari 5 (lima) koleksi Fashion Show Internasional dan Nasional NINA NUGROHO sebagai Modest Fashion Brand for Professional.

Berikut jadwal Fashion Show di rangkaian acara Professional Women`s Week 2021

No Hari/Tanggal Koleksi Jam Keterangan
1 Senin, 20 September 2021 Torino Fashion Week Italia 15.30-15.35 Online
2 Selasa, 21 September 2021 Hongkong Fashion Week 15.30-15.35 Online
3 Rabu, 22 September 2021 ASC New York Fashion Week 15.30-15.35 Online
4 Kamis, 23 September 2021 Women in Power

Guardian Angel

15.30-15.35 Online
5 Jumat, 24 September 2021 All Collections 13.00-16.00 Offline

GALA LUNCHEON

Merupakan agenda penutup dan puncak dari rangkaian kegiatan Professional Women`s Week 2021. Diadakan tanggal 24 September 2021 di Ballroom The Langham Hotel Jakarta. Event ini dilakukan secara offline yang akan menghadirkan 50 (lima puluh) tokoh perempuan Indonesia yang akan berdiskusi membahas isu-isu penting terkait peran perempuan professional dalam meningkatkan keberdayaan perempuan Indonesia. Diskusi ini akan dibagi menjadi  (tiga) panel diskusi yang masing-masing nya mengangkat tema keberdayaan wanita Indonesia yang akan dilanjutkan dengan mendeklarasikan gerakan #akuberdaya.

Berikut para panelis yang akan berdiskusi di acara Gala Luncheon;

No Diskusi Tema Panelis
1 Panel Diskusi #1 Program dan upaya perempuan dalam Peningkatan Keberdayaan Perempuan di DKI Jakarta dan di Indonesia 1.     Ibu Feri Farhati*

(Ketua Dekranasda dan Ketua PKK DKI Jakarta)

2.     Ibu Mien Uno

(Tokoh Indonesia bidang pendidikan dan pakar etiket)

3.     Ibu Nur Asia Uno* (Istri Menparekraf)

4.     Ibu Giwo Rubianto Wiyogo

(ketua Umum Korps Wanita Indonesia)

5.     bu Nita Yudi

(Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia)

6.     Ibu Dewi Motik Pramono

(Pengusaha, penulis, pengajar dan motivator)

2 Panel Diskusi #2 Tantangan Kesehatan Perempuan  dalam Upaya Melejitkan Keberdayaan untuk mencapai posisi tertinggi

 

1.     Ibu Titin Rosmasari (Direktur CNN Indonesia dan Detik Network)

2.     Ibu Marlinda Irwanti (Ketua Umum FPPI)

3.     Apt. Nurul Falah (Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia)

4.     Dr. Daeng M.Faqih* (Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia)

3 Panel Diskusi #3 Peran Serta Pemerintah dalam Meningkatkan Keberdayaan Perempuan Indonesia Dalam Rangka Menggerakkan Ekonomi Indonesia

 

1.     Ibu Bintang Puspayoga* (Menteri PPPA RI)

2.     Ibu Dr Hj Ida Fauziyah, M.Si* (Menteri Ketenagakerjaan RI)

3.     Ibu Gati Wibawaningsih, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Tamu

4.     Bp. Bagus Rachman, SE, MEc, Asisten Deputi Pengembangan&Pembaruan Perkoperasian, Deputi Bidang Perkoperasian & UKM RI

5.     Ibu Ir. Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf

6.     Ibu Siti Azizah* (Deputy Bidang Kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UKM)

GERAKAN #AKUBERDAYA

Di event puncak tanggal 24 September 2021 juga akan dilaunching Gerakan #akuberdaya, melalui deklarasi #akuberdaya yang akan diikuti oleh 1.000 (seribu) perempuan Indonesia yang akan hadir secara virtual. Gerakan #akuberdaya ini merupakan awal dari dimulainya program satu tahun Gerakan #akuberdaya yang akan di mulai tepat setelah rangkaian acara Professional Women`s Week 2021 ini berakhir. Tujuan dari Gerakan #akuberdaya ini adalah untuk meningkatkan keberdayaan satu juta wanita Indonesia dalam waktu satu tahun.

Gerakan #akuberdaya adalah program kolaborasi yang akan dilaksanakan melalui platform pelatihan online dan offline, kegiatan online di sosial media (IG, Youtube dan Website), dan berbagai kegiatan lain yang akan dilakukan sepanjang tahun 2021.

Kegiatan satu tahun Gerakan #akuberdaya, mendapatkan support tidak terhingga dari berbagai asosiasi, organisasi dan komunitas. Contoh nya, Tempa Trainers Guilds (TTG) sebuah asosiasi trainer nasional akan menurunkan para trainer nya di setiap minggu nya dalam program pelatihan online kepada wanita Indonesia.

Seluruh rangkaian kegiatan Professional Women`s Week mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama Evapora (Digital Event Organizer) yang mendukung secara penuh kegiatan online PWW. CIAS, memfasilitasi kegiatan online PWW, The Langham Hotel Jakarta, mensupport acara offline PWW,  dan PT.Inovasi Handal Sinergi (Inhasi).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *