UNU Purwokerto Gelar Pelatihan dan Praktek Pertanian Modern

BUMIAYU-Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menggelar pelatihan dan praktek pertanian modern di Pendopo Kampus Widuaji-UNU Purwokerto, Minggu (5/9. Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) yang diikuti oleh puluhan masyarakat di Kabupaten Brebes itu dimulai dengan pembuatan green house dan instalasi hidroponik.

Dosen UNU Purwokerto, Anri Kurniawan STP, MSc memberikan materi pelatihan dan praktek pembuatan green house dan hidroponik yang dibangun di lingkungan Kampus Winduaji-UNU Purwokerto. Adapun green house yang dibangun menggunakan rangka baja ringan itu seluas 32 meter persegi. “Green house ini sebagai sarana melakukan pembibitan tanaman, karantina tanaman dan tempat untuk membudidayakan tanaman tertentu,” ujar Anri

Dia mengatakan, green house yang dibangun di kawasan Kampus Winduaji-UNU Purwokerto itu digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik yakni metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Sebagi penggantinya, media tanam hidroponik bisa dibuat dari sabut kelapa, pasir, pecahan genting, serbuk kayu dan lain-lain. Adapun, tanaman yang akan digunakan untuk praktek kali ini adalah sayuran.


“Harapanya, bisa dipraktekan di rumah masing-masing. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan, sayur keluarga,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Wilayah Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, KH Khamlani mengapresiasi pelatihan dan praktek pembuatan green house dan hidroponik tersebut. “Tentu ini bisa menjadi pintu masuk perkembangan pertanian modern khususnya bagi kalangan nahdliyin,” ujarnya. (K24)

 

BACA JUGA :  Kepala BRIN Dorong Kontribusi Swasta dalam Tingkatkan Riset dan Inovasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *