Kepala BPPT : Penguasaan Iptek akan Jadi Pilar bagi Pembangunan Nasional

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza (SMJkt/Ist)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang penting adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), di mana akan menjadi pilar bagi pembangunan nasional. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza dalam Talkshow BPPT dengan tema ‘Kebijakan dan Strategi SDM Iptek untuk Pembangunan Nasional’, Rabu (25/8).

“Dalam program pembangunan jangka menengah kita harus berusaha untuk dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri dan maju melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan kepada keunggulan yang kompetitif,” ujarnya.

BPPT telah mengirimkan SDM Iptek untuk belajar dan mengikuti pelatihan ke segala penjuru dunia dalam program-program beasiswa, yang salah satunya dirintis oleh B.J. Habibie. Menurut Hammam Riza, SDM yang telah mengikuti program memiliki standar internasional.

“Artinya, betul-betul memiliki klasifikasi yang dapat diandalkan,” tuturnya.

Selain itu, Hammam menyebutkan ada kegiatan lain yang diselenggarakan BPPT yaitu pendayagunaan SDM Iptek BPPT dengan berbagai program di dalamnya seperti membangun database, membangun network, membangun kerja sama, magang industri serta kegiatan lainnya.

“Semua kegiatan jelas menjadi strategi untuk terus meningkatkan SDM Iptek untuk pembangunan nasional,” imbuhnya. (nya/69)

BACA JUGA :  Menristek : Jepang Mitra Penting dalam Kerja Sama Pengembangan Bidang Iptek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *