Penting, Inovasi Produk Dalam Negeri Muncul dari Kebanggaan Produk Lokal

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-26 Tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengusung sub tema “Gotong royong Inovasi untuk Menguatkan Bangga Buatan Indonesia”, disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, sangat penting karena inovasi produk dalam negeri muncul dari kebanggaan akan produk lokal.

“Meskipun produknya belum betul-betul siap, tapi kita dorong untuk siap. Hari ini kita melakukan FGD, mana inovasi yang siap untuk dihilirisasi kita akselerasi, tidak dari satu sisi tapi bersama-sama dengan mitra industri,” ujarnya dalam Taklimat Media pada peringatan Hakteknas 2021 secara virtual di Jakarta, kemarin.

Untuk itu, lanjut Nizam, masyarakat perlu menghargai karya anak bangsa, membangun inovasi yang nantinya menumbuhkan ekonomi. Dengan kebanggaan tersebut, maka ekonomi Indonesia dapat tumbuh maju.

“Kita harus membangun kebanggaan akan produk buatan Indonesia. Kita bangga dengan produk dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri,” tuturnya.

Nizam mengungkapkan bahwa ke depan, inovasi merupakan pendorong utama kemajuan suatu bangsa. Sebab, tanpa ada kebanggaan akan sulit menghasilkan produk berbasis teknologi di dalam negeri.

“Sekarang kita tidak bisa mengandalkan upah buruh yang murah ataupun kekayaan alam, tetapi lebih pada inovasi. Ini yang sangat perlu diakselerasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada,” ungkapnya. (nya/69)

BACA JUGA :  KKN Tematik Bangun Mahasiswa untuk Lebih Adaptif dan Kreatif di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *