Semangat Bangun Kedaulatan Teknologi Hanya Bisa Terwujud melalui Kolaborasi

Plt. Dirjen Dikti Kemendikbudristek, Nizam (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam menyampaikan bahwa semangat membangun kedaulatan teknologi hanya bisa terwujud melalui kolaborasi atau gotong royong.

“Dengan semangat untuk membangun teknologi “merah putih”, pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk melahirkan karya-karya dari kampus untuk bisa memasuki dunia industri dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa (10/8).

Platform Kedaireka, lanjut Nizam, yang mendapatkan tanggapan positif dari mitra industri menjadi suatu platform untuk berkolaborasi lintas kementerian dan dunia industri.

Peringatan Hakteknas Tahun 2021 yang diselenggarakan Kemendikbudristek mengusung sub-tema “Gotong royong Inovasi untuk Menguatkan Bangga Buatan Indonesia”. Turut memberikan sambutan secara virtual, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan yang mengapresiasi Kemendikbudristek atas langkah dan inovasinya dalam mewujudkan kemandirian teknologi.

Sementara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan cukup banyak inovasi pelajar dan mahasiswa yang kurang diberi tempat. Tantangan itulah yang sekarang menjadi salah satu prioritas Kemendikbudristek.

“Salah satu cara terbaik untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan mengedepankan semangat Merdeka Belajar, yakni inovasi yang lahir dari kolaborasi,” kata Mendikbudristek.

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-26 Tahun 2021 menjadi momentum untuk membangkitkan rasa saling percaya dan menumbuhkan kepercayaan diri seluruh bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia harus semakin percaya diri untuk mengembangkan karya inovasi yang menjadi solusi permasalahan di masyarakat, sekaligus tampil di panggung dunia.

“Kita harus percaya pada kemampuan kita sendiri. Mari kita bergotong royong, serentak bergerak wujudkan Merdeka Belajar, meningkatkan teknologi dan kebanggaan akan teknologi Indonesia, untuk maju di panggung dunia,” tuturnya. (nya/69)

BACA JUGA :  Mendikbudristek : Pentingnya AN Tetap Diadakan di Tengah Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *