Keberangkatan Mahasiswa IISMA Bangun Persahabatan Global

SMJkt/Prajtna Lydiasari

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Pelepasan keberangkatan Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) Awardee 2021, disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam untuk mencari pengalaman, menimba ilmu pengetahuan dan membangun persahabatan global.

Program IISMA merupakan kolaborasi antara kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mebangun global citizenship. Menurutnya, salah satu kompetensi penting di abad 21 ini adalah wawasan global.

Para pemimpin masa depan, lanjut Nizam, harus memiliki wawasan global, jejaring dan persahabatan internasional sehingga perdamaian, kemajuan di tingkat dunia bisa dibangun bersama-sama.

“Selamat dan apresiasi atas capaian adik-adik sekalian mendapat award sebagai mahasiswa yang dikirim melalui IISMA. Tentu prestasi tersebut saatnya untuk diwujudkan dalam bentuk menggali pengalaman sebanyak-banyaknya di perguruan tinggi di 31 negara dan juga bangun persahabtan internaisonal,” terangnya.

Nizam menjelaskan bahwa keberangkatan para mahasiswa IISMA Awardee tidak hanya untuk menimba ilmu di perguruan tinggi mitra tetapi bangun persabahatan dan gali pengalaman dari berbagai negara.

“Saya berharap adik-adik sekalian bisa menjadi duta bangsa kenalkan budaya nusantara anda sekalian menjadi wakil duta-duta Indonesia di perguruan tinggi yang adik sekalian nanti akan belajar,” jelasnya.

Oleh karena itu, di negara tujuan nanti para mahasiswa perlu kenalkan budaya Indonesia tentang keramahtamahan masyarakat Indonesia, kebergaaman dan kenalkan juga masakan Indonesia, pariwisataa Indonesia, serta keindahan alam.

“Ceritakan tentang gunug, laut, sungai, hijaunya kepuluan nusatara dan kehangatan persahabatan bangsa Indonesia, mengenalkan tarian daerah, bahasa daerah, budaya daerah dan lainnya yang menjadi kebanggaan kita semua,” pungkasnya.

Dengan begitu, kebanggaan dan kecintaan akan tanah air akan semakin kuat sehingga setelah selesai belajar di luar negeri, bisa kembali dan berbagai pengalaman dan ilmu di tanah air.

BACA JUGA :  56 Warga Mesir Ajukan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang di Indonesia

“Saya juga harap bisa melanjutkan studi yang lebih tinggi lagi dengan berbagai kesempatan beasiswa dari dalam negeri dan luar negeri,” tambahnya. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *