Brasil Pertahankan Medali Emas Olimpiade

Para pemain timnas Brasil merayakan kemenangan meraih medali emas usai menaklukkan Spanyol 2-1 pada partai final cabang sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8). (Twitter CBF Futebol)

YOKOHAMA- Timnas Brasil sukses mempertahankan medali emas cabang sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Hasil itu diraih setelah skuad Samba menundukkan Spanyol 2-1 pada partai final di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8).

Dani Alves dan kawan-kawan butuh perjuangan keras untuk mempersembahkan medali emas untuk negaranya. Sebab, Spanyol memberikan perlawanan sengit sejak sepak mula. Bahkan, kedua tim bermain relatif seimbang.

Brasil memperoleh peluang emas setelah wasit memberikan penalti lantaran kiper Spanyol Unai Simon terlihat melakukan pelanggaran. Pada momen menit ke-38 itu, wasit melihat VAR terlebih dulu. Striker Brasil Richarlison yang dipercaya mengeksekusi penalti gagal total. Terlihat agak ragu dan berhenti sebelum menendang, ternyata sepakannya melambung di atas mistar.

Tim Samba baru bisa menjebol gawang Unai Simon saat injury time babak pertama. Dani Alves yang menyisir dari sisi kanan berusaha mengoper bola ke dekat gawang. Matheus Cunha yang berdiri bebas langsung menyambutnya dengan tendangan voli. Unai Simon hanya terpaku di tempat kala bola meluncur deras ke gawang yang dikawalnya. Gol, 1-0 untuk Brasil.

Usai turun minum, kedua kesebelasan bermain dengan intensitas tinggi. Brasil ingin menggandakan skor, sementara Spanyol ingin mengejar ketertinggalan. Mikel Oyarzabal dan kolega lebih beruntung karena mampu menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-61, Carlos Soles yang menggiring bola di sisi kanan sukses memberi umpan manis kepada Oyarzabal. Bola terarah sukses disepak dengan keras oleh Oyarzabal dengan kaki kirinya. Bola pun meluncur deras ke gawang Santos. Skor imbang 1-1.

Di sisa waktu, baik Brasil maupun Spanyol berupaya mencari keunggulan. Namun, usaha mereka belum berhasil hingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Setelah bermain 1×15 menit pertama, kedua tim tetap bermain imbang. Tak ada peluang emas yang mereka ciptakan. Memasuki 15 menit kedua babak tambahan, Brasil beruntung mampu menjebol gawang Spanyol.

BACA JUGA :  Eko Yuli: Medali Ini untuk Seluruh Masyarakat Indonesia dan Keluarga

Pemain pengganti Antony mengarahkan bola lambung ke Malcom, lalu membawanya ke kotak penalti. Tendangan Antony meluncur bebas ke gawang Spanyol. Momen itu terjadi pada menit 109. Skor 2-1 untuk Brasil.

Untuk menjaga keunggulan, Brasil bermain bertahan. Saking rapatnya pertahanan tim Samba, Spanyol kesulitan membongkar, bahkan untuk melepaskan bola ke sasaran. Hingga akhirnya, Brasil berhasil memenangi laga dan berhak memperoleh medali emas seperti yang diraihnya saat menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2016. Spanyol harus puas mendapatkan medali perak. Adapun perunggu disabet Meksiko setelah mengalahkan tuan rumah Jepang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *