Hadapi Italia, Pemain Inggris Diminta Tidak Terjebak Emosi

Logo Euro 2020

LONDON- Partai final Euro 2020 akan menjadi tantangan tersendiri bagi manajer timnas Inggris Gareth Southgate. Ia pun meminta tim asuhannya fokus mereproduksi penampilannya di sepanjang Euro 2020 saat final Senin dini hari nanti melawan Italia dan tidak terjebak dalam emosi.

Inggris belum pernah memenangkan turnamen besar sejak menjuarai Piala Dunia 1966 dan negara itu di ambang mengakhiri penantian tersebut.

Skuad Roberto Mancini tak terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhirnya dan merupakan lawan terberat yang pernah dihadapi Inggris dalam turnamen ini, tapi Southgate menyatakan tak perlu mengubah pendekatan mereka untuk pertandingan di Wembley nanti itu.

“Ini belum tentu soal melakukan hal yang lebih baik. Kuncinya adalah mencapai level normal Anda. Banyak tim dalam laga final malah berakhir dengan performa buruk,” kata dia dalam konferensi pers.

“Ini soal mentransfer apa yang Anda lakukan di lapangan latihan ke dalam pertandingan. Pertandingan ini kini adalah tantangan taktis yang berbeda dan kami harus menyiapkan diri menghadapinya dengan baik,” kata Southgate.

Southgate mengatakan timnya mesti menghormati lawan tapi fokus kepada kekuatannya sendiri.

“Ada pemain-pemain fantastis dalam tim Italia, mereka memiliki rencana taktis yang bagus, pelatih yang berpengalaman dan dalam performa yang luar biasa bagus. Kami memiliki kekuatannya sendiri. Kami sudah berusaha bermain dengan kekuatan kami dan kami mesti melakukan hal yang sama esok,” ungkapnya.

Southgate mengakui sudah memikirkan prospek menjuarai turnamen ini tapi menyatakan penting sekali pemain-pemainnya dalam menyingkirkan rencana perayaan kemenangan dari pikiran mereka.

“Dalam pikiran Anda, Anda selalu harus memiliki sedikit visi mengenai bagaimana Anda ingin melihat akhir laga dan memainkannya. Namun kenyataannya adalah Anda harus fokus kepada proses dan fokus kepada kinerja dan itulah yang selalu kami lakukan bersama tim ini,” kata Southgate.

BACA JUGA :  Lewandowski Antarkan Munich ke Final Piala Dunia Klub

“Penting bagi pemain memiliki pemahaman soal itu. Apa pun jalan yang diambil dalam laga nanti itu, mereka sudah siap dan mereka akan siap. Jika Anda sudah memikirkan akhir pertandingan maka Anda mungkin menuju ke arah yang salah dan kami cuma harus agak mengendalikan hal yang bisa kami kendalikan,” tambahnya.

Sumber: Antara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *