Hadapi Lebaran BI Jabar Siapkan Rp 17,5 Triliun

BANDUNG, Suara Merdeka. Com. – Bank Indonesia (BI) Jabar menyiapkan uang pecahan (kartal) senilai Rp17,45 triliun sebagai antisipasi permintaan masyarakat menjelang momen Lebaran 2021.
Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto menyebutkan nilai uang tersebut akan disebarkan ke seluruh wilayah Jabar kecuali wilayah Bodebek.
“Bodebek masuk dalam wilayah BI Pusat,” ujarnya di kantor BI Jabar Jalan Braga Kota Bandung, Senin (19/4/2021).
Disebutkan untuk wilayah pantai utara atau Ciayumajakuning, disiapkan uang kartal senilai Rp3,19 triliun, wilayah Priangan Timur senilai Rp2,05 triliun dan sisanya Rp12,21 triliun tersebar.
Herawanto mengatakan terjadi peningkatan sebesar empat kali lipat dari kondisi bulan di luar momen Lebaran. Namun demikian ada penurunan dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu. Tahun 2021 , BI menyiapkan uang senilai Rp21,7 triliun.
“Selain memang pandemi yang masih berlangsung, pengurangan disebabkan masyarakat sudah mulai terbiasa melakukan transaksi non tunai, sehingga peredaran uang kartal juga menurun,” jelasnya.
Pada tahun ini tidak disiapkan kas keliling untuk penukaran uang pecahan baru bagi masyarakat, untuk mengurangi kerumunan. Namun BI telah bekerjasama dengan bank umum hingga BPR sebagai lokasi penukaran uang baru.
“Disiapkan sebanyak 559 titik penukaran uang di seluruh Jabar,” tuturnya.
Penukaran uang sudah dapat dilakukan mulai 12 April hingga 11 Mei 2021 di seluruh perbankan di Jabar. Selain itu, BI juga masih menerima penukaran uang edisi HUT RI Rp75.000 di kantor BI Jabar Jalan Braga Kota Bandung. (budi nugraha/69)

BACA JUGA :  Pelatihan Kalibrasi dan Uji Kompetensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *