Spanyol Melaju ke Semifinal usai Menang Drama Penalti

SM/Twitter @EURO2020

SAINT PETERSBURG- Spanyol melenggang ke semifinal Euro 2020 berkat menang adu penalti 3-1 setelah selama 120 menit laga perempatfinal Piala Eropa 2020 antara Spanyol dan Swiss tetap 1-1.

Kiper Unai Simon pantas menjadi pahlawan kemenangan Spanyol setelah menggagalkan dua tendangan penalti Swiss ketika tim lawan hanya berhasil dalam satu tendangan penalti, sedangkan satu tendang lainnya melambung melewati gawangan Spanyol. Satu penendang Swiss tidak melakukan tugasnya karena sudah tidak menentukan.

Dua penendang Spanyol gagal mengeksekusi adu penalti ini. Sergio Busquets membentur tiang, sedangkan sepakan Rodri diblok oleh kiper Yann Sommer. Sedangkan Dani Olmo, Gerard Moreno, dan Mikel Oyarzabal sukses menjalankan tugasnya.

Di pihak Swiss, hanya Mario Gavranovic yang sukses menjadi eksekutor adu penalti, sedangkan Fabian Schar dan Manuel Akanji diblok oleh Unai Simon, sementara Ruben Vargas melenceng ke atas gawang.

Pertandingan terpaksa dilanjutkan kepada adu penalti setelah selama 120 menit bertanding kedua tim tetap mempertahankan kedudukan 1-1.

Spanyol lebih dulu unggul pada menit ke-8 berkat gol bunuh diri gelandang Denis Zakaria. Pada menit ke-68 babak kedua Xherdan Shaqiri menyamakan kedudukan 1-1.

Walaupun sejak menit ke-77 kehilangan Remo Freuler yang mendapatkan kartu merah karena pelanggaran keras terhadap Gerard Moreno, Swiss memaksa Spanyol melanjutkan pertandingan tersebut ke 2×15 menit babak perpanjangan waktu.

Dalam 2×15 menit, Swiss bertahan mati-matian menahan gempuran Spanyol dan berhasil, terutama berkat penampilan gemilang kiper mereka, Yann Sommer.

Pada 15 menit pertama babak tambahan, Sommer membuat enam penyelamatan gemilang masing-masing mementahkan dua peluang emas Mikel Oyarzabal, dan sebelumnya Jordi Alba, Marcos Llorente dan Gerard Moreno. Pada 15 menit kedua, Sommer pula yang paling berjasa mengantarkan Swiss ke adu penalti.

BACA JUGA :  Dua Gol Sterling dan Kane Antarkan Inggris Lewati Jerman di Babak 16 Besar

Sayang tiga dari empat penendang penalti mereka tak berhasil, sedangkan tiga dari lima penendang Spanyol berhasil menjalankan tugasnya.

Spanyol mendominasi laga tersebut bukan hanya penguasaan bola, namun juga menciptakan peluang. Spanyol menciptakan total 27 peluang yang 10 di antaranya tepat sasaran, sedangkan Swiss melepaskan 9 peluang yang 5 di antaranya on target.

Dalam semifinal di Stadion Wembley, Spanyol akan menghadapi pemenang pertandingan perempatfinal lainnya antara Belgia dan Italia. (ant)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *