Italia dan Wales Lolos 16 Besar, Swiss Berpeluang

Para pemain tim nasional Italia melakukan selebrasi usai Locatelli mencetak gol ke gawang Swiss pada lanjutan Euro 2020 di Stadion Olimpico Roma, Italia, Kamis (17/6) dini hari. (SM/Twitter @azzuri)

ROMA- Tim nasional Italia dan Wales meloloskan diri dari Grup A Euro 2020 menuju ke babak 16 besar sementara Swiss berpeluang menyusul kedua tim itu setelah finis di peringkat ketiga.

Sementara Turki, harus menjadi tim kedua yang angkat kaki dari Euro 2020 selepas menuntaskan tiga pertandingan tanpa raihan poin, menyusul tim debutan Makedonia Utara.

Italia yang muncul menjadi tim unggulan di bawah kepelatihan Roberto Mancini mampu menundukkan Turki 3-0 dalam laga pembukaan turnamen di Olimpico, Roma, pada 11 Juni.

Sehari sesudahnya, Wales berhasil meraih satu poin setelah Swiss lengah menjaga keunggulan mereka dan pertandingan berakhir imbang 1-1 di Baku, Azerbaijan.

Awal positif Italia berlanjut ketika mereka menghadapi Swiss di Roma pada 16 Juni dan kembali membukukan kemenangan 3-0, diwarnai dwigol Manuel Locatelli serta gol kedua Ciro Immobile sepanjang turnaemn.

Hasil itu menyusul kemenangan yang dipetik Wales dengan skor 2-0 atas Turki di Baku dan praktis membuat Italia menjadi tim pertama yang memastikan langkah ke babak 16 besar.

Kepastian lolos ke babak 16 besar, membuat Mancini mengambil langkah rasional melakukan rotasi di laga pemungkas melawan Wales. Hal itu dibayar lunas oleh Matteo Pessina yang mencetak gol debutnya di Euro 2020, padahal ia masuk skuad belakangan menggantikan Stefano Sensi yang cedera.

Kartu merah Ethan Ampadu membuat Wales kesulitan mencari gol penyama kedudukan dan Italia menang 1-0 di Olimpico pada Minggu waktu setempat (Senin WIB), untuk mengunci posisi juara Grup A.

Kendati kalah, Wales tetap lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up, pasalnya mereka masih punya keunggulan selisih gol atas Swiss yang dalam laga lain “hanya” menang 3-1 atas Turki di Baku.

BACA JUGA :  Pelatih Italia Sebut Prancis, Portugal dan Belgia Lebih Favorit Juara

Swiss finis di urutan ketiga dengan raihan empat poin dan selisih gol defisit satu, tertinggal dari Wales yang punya empat poin dan selisih gol surplus satu.

Swiss masih berpeluang lolos ke babak 16 besar, jika mereka menjadi satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Karenanya, nasib tim besutan Vladimir Petkovic itu kini akan ditentukan hasil grup-grup lain.

Italia akan menghadapi runner-up Grup C di babak 16 besar, posisi yang diperebutkan Ukraina dan Austria. Sedangkan Wales bakal bertemu runner-up Grup B, yang masih mungkin ditempati oleh keempat tim di grup itu yakni Belgia, Rusia, Finlandia maupun Denmark. (Ant)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *