300 Perusahaan Terbaik Bergabung dalam Program MSIB

SMJkt/Prajtna Lydiasari

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Fase kelulusan merupakan sebuah kebanggaan bagi semua mahasiswa Indonesia, tetapi bisa dilihat, hampir kebanyakan para lulusan tersebut kebingungan akan kemana dan akan bagaimana setelah lulus. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam menyampaikan banyak sekali kesempatan untuk mahasiswa Indonesia saat ini.

Mahasiswa, lanjut Nizam, akan menyesuaikan dengan passion-nya untuk mencicipi dunia profesi, dan itu semua dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa.

“Sehingga nanti setelah lulus bisa lebih mantap dan lebih mengenal keadaan dunia kerja. Kalau di kampus, mahasiswa lebih banyak diasah dalam hal teoritis, tetapi di dunia kerja soft skill dan hard skill mahasiswa akan lebih diasah kembali,” ujarnya.

Pada tahun 2020, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi meluncurkan “Kampus Merdeka” di mana implementasinya dijalankan melalui 8 program yang salah satunya adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Dengan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, selain bertujuan untuk memfasilitasi adaptasi mahasiswa supaya tidak terlalu lama ketika masuk dalam dunia kerja, juga untuk memfasilitasi generasi-generasi muda sekarang dengan inovasi dan wawasan yang lebih luas, dan bisa jadi dilirik oleh berbagai perusahaan.

“Selama beberapa bulan, kita pelan-pelan mensosialisasikan program ini ke mitra industri dan tanggapannya sangat luar biasa sekali,” jelasnya.

Nizam mengatakan bahwa sekitar 300 lebih perusahaan terbaik berminat bergabung. Dari mulai perusahaan kecil sampai  perusahaan global maupun perusahaan raksasa di tanah air.

“Kita harapkan nanti akan terbangun ekosistem yang berkelanjutan, sehingga betul-betul akan menyambungkan antara kampus dengan dunia kerja untuk melatih mahasiswa lebih awal sesuai dengan talentanya,” katanya.

Nizam mengungkapkan bahwa mahasiswa nantinya akan betul-betul melakukan program ini dengan sangat baik dan mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing dari kampus. “Nantinya, mahasiswa akan setiap hari mengisi aktivitasnya dalam log book yang telah disediakan untuk memudahkan para dosen pembimbing untuk memantaunya,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Ditjen Kebudayaan akan Lanjut Sempurnakan Kamus Sejarah

Jadi, untuk program-program di kampus Merdeka ini ada dua kelompok besar, pertama adalah program-program yang disiapkan di perguruan tinggi dan yang kedua adalah program yang dikurasi secara nasional seperti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

“Kita pastikan bahwa kurikulum yang diperoleh selama mahasiswa magang, di desain oleh teman-temen mitra. Untuk program magang merdeka ini dipastikan setara dengan 20 SKS dengan melihat intensitas aktivitasnya dan juga melihat capaian pembelajaran selama magang,” tukasnya.

Nizam memastikan bahwa itu setara dengan 20 SKS, dengan begitu langsung nanti nilainya akan masuk ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, jadi tidak perlu khawatir nanti apa yang diperoleh menjadi bagian di Ijazah. “Dan dalam transkripnya termasuk terdapat Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sesuai dengan yang diperoleh selama magang di perusahaan,”  imbuhnya.

Sementara, Director of Corporate Affairs TaniHub, Astri Purnamasari sangat senang sekali mendengar kabar bahwa program Magang dan Studi Independen ini sudah mulai, karena memang salah satu tujuannya adalah kita ingin mengundang dan mengajak lebih banyak lagi anak muda untuk mau terjun di pertanian Indonesia karena TaniHub sendiri bergelut dalam bidang pertanian.

“Di sisi lain kami memang sangat haus dengan ide-ide dan kreativitasyang fresh dari anak-anak muda atau dari mahasiswa-mahasiswa yang memang mungkin mempunyai spirit yang beraneka ragam. Rencananya di batch pertama akan diterima minimal 100 orang untuk 34 posisi yang dibuka,” tutur Director of Corporate Affairs TaniHub, Astri Purnamasari. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *