Pembangunan LRT Jabodebek Wujud Kolaborasi Anak Bangsa Hadirkan Transportasi Massal

Presiden Jokowi didampingi Menhub Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan LRT Jabodebek Tahap 1, Rabu (09/06/2021). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kebanggaannya atas pembangunan lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek yang merupakan wujud dari kolaborasi berbagai elemen bangsa untuk menghadirkan transportasi massal di Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai mendampingi Presiden meninjau progres pembangunan LRT Jabodebek Tahap 1, Rabu (09/06/2021), di Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Jakarta.

“Hari ini kami insan transportasi sangat bergembira, Pak Presiden langsung mengunjungi memberikan arahan atas satu project LRT yang membanggakan. Tadi Pak Presiden juga bangga karena ada satu angkutan LRT yang panjangnya 44 kilometer dengan 18 titik pemberhentian ini akan selesai pada pertengahan tahun depan,” ujar Menhub.

Transportasi massal ini, ungkap Budi, dapat dihadirkan melalui kolaborasi sejumlah pihak di antaranya PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Adhi Karya, PT Len Industri, serta PT Industri Kereta Api (INKA).

“Satu teknologi tidak mungkin bisa diraih oleh suatu bangsa dengan begitu saja, harus ada upaya-upaya yang dilakukan. Alhamdulillah konsorsium dari PT KAI, Adhi Karya, Len, dan INKA bisa membangun produk anak bangsa ini menjadi satu kenyataan dengan kualitas yang tidak kalah dengan negara-negara yang lain,” ujarnya.

Budi menambahkan, kolaborasi seperti ini juga akan diterapkan dalam pembangunan moda transportasi massal di kota-kota besar lainnya. Skema pembangunan melalui Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) juga diharapkan menjadi model dalam pembangunan moda transportasi di daerah lain.

 

BACA JUGA :  Negara Belum Hadir untuk Pasien Gagal Ginjal Kronik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *