P2G : Harus Ada Kebijakan Afirmasi ‘Lama Mengajar’ bagi Guru Honorer K2

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) konsisten menyuarakan harus ada kebijakan afirmasi ‘Lama Mengajar’ bagi guru honorer, khususnya Guru Honorer Kategori-2 (K2) yang sudah bertugas sejak sebelum 2005. Kebijakan afirmasi bagi guru honorer yang sudah mengajar minimal 3 tahun, diberikan 75 poin untuk Kompetensi Teknis dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim sangat tidak berkeadilan.

“Guru Honorer K2 sudah bertugas sejak sebelum 2005, mereka hadir karena kebijakan negara waktu itu. Rata-rata sudah mengabdi di sekolah negeri lebih dari 17 tahun, bahkan ada yang sampai 22 tahun. Apakah memberikan afirmasi 75 poin bagi mereka adalah keputusan yang berkeadilan? Menyamakan mereka dengan guru honorer yang baru mengajar 3 tahun sungguh tidak adil?” ujar Kabid Advokasi P2G, Iman Z. Haeri yang juga guru honorer di Jakarta.

P2G merekomendasikan afirmasi yang berkeadilan bagi guru honorer berdasarkan lama mengabdi. Guru PNS saja diberikan penghargaan Satyalencana dari negara jika sudah mengabdi 10 tahun dan 20 tahun.

“Masa guru honorer K2 tidak diberikan penghargaan apa-apa atas pengabdiannya oleh negara. Sudahlah upah yang diperoleh sangat kecil selama ini, ketika ikut seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pun tak mendapatkan keadilan dan penghargaan. Padahal sama-sama mendidik anak bangsa,” tuturnya.

Perlu diketahui, seleksi Guru PPPK dilaksanakan melalui serangkaian tes ujian untuk menilai empat bidang, yakni Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosiokultural, dan Wawancara.

“P2G mendesak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan afirmasi khusus terkait lama mengajar bagi guru honorer peserta seleksi Guru PPPK,” terangnya. (nya/69)

BACA JUGA :  P2G : Sekolah Tidak Boleh Memaksa Orang Tua Memberikan Izin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.




Enter Captcha Here :