Gempita Virtual dapat Fasilitasi Kebutuhan Informasi Calon Mahasiswa

SMJkt/Prajtna Lydiasari

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga sangat membantu dunia pendidikan tinggi, di mana semua informasi dapat diakses kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja. Maka dari itu, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menggelar pameran pendidikan virtual merupakan suatu solusi bagi perguruan tinggi swasta (PTS) yang dinilai tepat.

“Saya menyambut baik Gempita Virtual, dimana kegiatan ini dapat memfasilitasi kebutuhan informasi calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan studinya,” ujar Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Agus Setyo Budi dalam pembukaan Gempita secara virtual di Jakarta, Kamis (27/5).

Gebyar Pameran Pendidikan Tinggi Jakarta (Gempita) merupakan sebuah sinergi dan kolaborasi antara 107 PTS terakreditasi di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya, Digital Omni Akusara, Binus University, Binus Creates.

“Gempita Virtual merupakan One-stop Platform Jakarta’s Higher Education yang dibuka untuk umum dan gratis, diharapkan dapat menjadi solusi bagi calon mahasiswa di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Ia menjelaskan bulan September 2021 mendatang merupakan awal tahun ajaran baru bagi mahasiswa. Di mana sebelumnya, calon mahasiswa yang ingin kuliah, terutama di Provinsi DKI Jakarta akan mencari kampus terbaik dengan berbagai disiplin ilmu yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi di masa mendatang.

“Sehingga calon mahasiswa akan sangat membutuhkan informasi yang relevan terkait mutu serta program yang ditawarkan kampus dengan cara yang praktis, simpel, dan efektif,” jelasnya.

Seperti informasi perkuliahan dan beasiswa dari kampus-kampus terbaik di Jakarta dan sekitarnya, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), program Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), beasiswa KIP Kuliah untuk pelajar SMA/SMK yang akan lanjut kuliah dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, dan akan hadir juga booth Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu.

BACA JUGA :  Hindari terjadinya Penumpukan Sekolah Sasaran, Kemendikbud Sempurnakan Program Organisasi Penggerak

Agus menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, mulai dari sektor ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata, hingga sektor pendidikan. Dalam dunia pendidikan tinggi, pandemi juga telah mengubah secara revolusioner seluruh elemen pada aktivitas tridharma, khususnya pada PTS dalam masa penerimaan mahasiswa baru.

“Pandemi Covid-19 kita jadikan momentum mencari peluang untuk bangkit bersama. Sesama perguruan tinggi di wilayah III bukan saatnya lagi bersaing, tapi bersinergi dan berkolaborasi lebih kuat untuk mencari solusi dengan memanfaatkan teknologi,” terangnya.

Project Manager Gempita Virtual, Yahya Farid mengatakan acara ini akan menjadi wadah bagi calon mahasiswa serta generasi muda Indonesia untuk mendapatkan informasi perkuliahan, juga bagi perguruan tinggi dalam mempromosikan program dan kegiatan di kampusnya dengan mudah, aman dan nyaman secara online.

“Gempita virtual juga akan hadir berbagai webinar yang bermanfaat bagi calon mahasiswa dengan narasumber inspiratif yang diselenggarkan setiap hari, mulai 27 Mei-2 Juni 2021, pukul 09.00-17.00 WIB,” kata Yahya Farid.

Selain itu, Gempita juga menyediakan fitur live chat, sehingga setiap pengunjung dapat bertanya langsung dengan perwakilan dari setiap booth perguruan tinggi. “Pengunjung hanya tinggal mendaftar di https://gempita.vairbees.com, gratis dan tidak dipungut biaya apapun,” tambahnya. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *