Program Kihajar Hadir Beri Ruang bagi Siswa dan Guru dalam Proses Belajar

SMJkt/Prajtna Lydiasari

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Program Kita Harus Belajar (Kihajar) 2021 adalah wadah eksplorasi digital bagi siswa seluruh jenjang lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, pendayagunaan TIK, dan pendidikan karakter. Kihajar hadir untuk memberi ruang kemerdekaan bagi siswa dan guru dalam proses belajar agar lebih menyenangkan dan maksimal.

Hal ini membuat sejumlah gubernur dan perwakilan pemerintah daerah di Indonesia turut mendukung pelaksanaan Kihajar 2021. Salah satunya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan pentingnya kesadaran tentang tantangan belajar di era pandemi.

Oleh karena itu, ia memberi apresiasi seraya mengimbau agar momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menemukan terobosan pembelajaran. Supaya dari sisi keselamatan terjamin dan di sisi lain proses belajar berjalan baik.

“Karena itulah, program Kihajar harus menjadi satu terobosan menarik. Semoga ini bisa jadi media baru bagi anak-anak kita. InsyaAllah sukses, memberikan manfaat, dan terus menjadi pendorong kemajuan pendidikan kita,” tutur Gubernur Anies.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, Mohamad Hasan Chabibie menyampaikan bahwa program ini dikemas menyesuaikan dengan karakteristik generasi milenial. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan pendidikan karakter melalui pemanfaatan konten-konten Televisi Edukasi, Radio Suara Edukasi dan tentunya Portal Rumah Belajar.

“Tahun lalu kita mendapatkan lebih dari 65 ribu siswa mendaftar. Tahun ini, kami targetkan 70 ribu peserta berpartisipasi,” harap Hasan. (nya/69)

BACA JUGA :  Muhammad Syarif Bando; Literasi di Kab. Magelang, Perlu Ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :