Dorong Lahirnya Talenta Unggul di Bidang IT Melalui Beasiswa SEMESTA

SMJkt/Ist

SURABAYA, Suaramerdekajkt.com – Kebangkitan Nasional dapat dimulai dengan ketangguhan bangsa di segala bidang, tak terkecuali di bidang teknologi seiring dengan datangnya era Revolusi Industri 4.0. Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113, Beasiswa SEMESTA secara resmi diluncurkan oleh komunitas SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama) bersama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Nizam pada Kamis (20/5).

“Saya mengapresiasi inisiatif SEVIMA yang peduli dan turut mendorong lahirnya talenta-talenta di bidang IT, karena ke depan peran para talenta di bidang IT akan semakin penting dalam kehidupan kita dan kemajuan dunia!,” ujar Dirjen Dikti Kemdikbudristek, Nizam.

Program Beasiswa SEMESTA ini, menurut Nizam, dapat mendorong lahirnya talenta-talenta di bidang IT melalui program nyata dalam bentuk beasiswa SEMESTA 2021. “Semangat gotong royong semacam ini sangat penting untuk mengakselerasi kemajuan SDM di Indonesia,” ungkapnya.

Beasiswa SEMESTA merupakan singkatan dari “SEVIMA Mencari Siswa Bertalenta”. Program dengan total hadiah 275 juta rupiah ini, ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul, untuk bisa kuliah di kampus favorit di Surabaya dengan bantuan berupa bebas biaya uang semester hingga lulus sarjana (S1).

“Selain itu, para pemenang juga akan diajak bekerja di bidang IT dan memperoleh gaji bulanan,” terangnya.

Melalui Beasiswa Semesta, Direktur Utama SEVIMA, Sugianto Halim berharap beasiswa ini dapat menjadi wujud peran aktif komunitas pendidikan tinggi dalam membangun sumber daya manusia (SDM) unggul di Indonesia. Sekaligus, sejalan dengan kolaborasi dunia usaha dengan dunia industri yang terus diusung pemerintah dalam konsep Kampus Medeka.

“Beasiswa SEMESTA merupakan wujud peran aktif kami di bidang edukasi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri bangsa Indonesia untuk mendapatkan pendidikan tinggi (sarjana) yang berkualitas khususnya di bidang IT,” jelas Halim.

BACA JUGA :  Bentuk Soal Asesmen Nasional Lebih kepada Mengukur Daya Nalar Peserta Didik

Di tahun ketiga diselenggarakannya Beasiswa SEMESTA, SEVIMA selalu berusaha memperbanyak kuota penerima, meningkatkan kualitas dan menjalin kerjasama dengan berbagai sekolah, perguruan tinggi dan para pengambil kebijakan di pemerintahan.

“Harapannya melalui kerja sama dan penyelenggaraan kolaborasi ini, bisa memberikan manfaat positif bagi pembangunan pendidikan di Indonesia sesuai dengan visi Indonesia Maju,” tambahnya.

Untuk mendaftar di beasiswa Semesta, para peserta harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini, antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), telah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK/sederajat, maksimal lulusan tahun 2019, tidak terikat beasiswa lainnya, bersedia berdomisili di Surabaya, dan berminat di bidang IT.

Mahasiswa yang berminat dapat langsung mengisi formulir biodata dan berkas yang dibutuhkan, di maukuliah.id/beasiswa-semesta. Nantinya peserta yang telah mendaftar, akan menjalani tes berbasis komputer (CBT) dan tes kemampuan koding (hackaton). Semua dilakukan secara online dari rumah para peserta masing-masing.

“Pendaftaran cukup mudah dan bisa langsung dilakukan di website kami, maukuliah.id. Diharapkan peminat segera mendaftar, karena pendaftaran akan ditutup pada Jumat 4 Juni 2021,” tambah Halim. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *