Tingkatkan Layanan Kinerja Akademik Dosen, LLDikti Bentuk Langkah Strategis

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung satu tahun ini menuntut perubahan dalam interaksi dan transaksi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III untuk dapat memberikan layanan sesuai dengan ruang lingkup tugas dan fungsinya. Dalam hal ini, dititikberatkan pada penguatan layanan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

“Pada ranah pendidikan tinggi tentunya tidak lepas dari peran seorang dosen. Akreditasi dan mutu sebuah perguruan tinggi, sangat dipengaruhi oleh kinerja para dosen,” ujar Sekretaris LLDikti Wilayah III, Yaya Jakaria di Jakarta, kemarin.

Oleh sebab itu, LLDikti Wilayah III membentuk langkah-langkah strategis dalam peningkatan layanan kinerja akademik dosen, hal ini dilakukan untuk mewujudkan layanan kinerja akademik dosen yang ideal.

“Pemangku kepentingan yang dilayani LLDikti Wilayah III sangat besar dari segi jumlah, yaitu 302 perguruan tinggi dengan jumlah dosen hampir 26.000 orang,” tuturnya.

Maka, lanjut Yaya, perlu dikembangkannya sistem yang mengintegrasikan sistem informasi yang berkaitan data kinerja dosen atau pelaksanaan tri dharma dosen yang ada di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yakni Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER), Sistem Pelacakan Secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (SELANCAR PAK).

“Dengan sistem informasi yang ada di LLDikti Wilayah III, yakni Sistem Informasi Jabatan Akademik LLDikti Wilayah III (SIJALI3), Sistem Informasi Beban Kerja Dosen (SIBKD),” pungkasnya.

Dengan adanya proyek penguatan standar pelayanan yang terintegrasi ini, diharapkan pelayanan publik yang prima dapat terwujud dan produk dari proyek perubahan ini dapat menyelesaikan permasalahan dan kendala-kendala yang selama ini dihadapi, khususnya terkait peningkatan kinerja dosen, kepastian dan akuntabilitas layanan.

“Proyek ini akan diperkuat dengan pemanfaatan teknologi dan informasi sebagai inovasi dalam pelayanan serta pengembangan sumber daya manusia (SDM),” terangnya.

BACA JUGA :  Ditjen Dikti Alokasikan Dana 500 Miliar untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka

Menurutnya, hasil nyata dari proyek perubahan ini adalah sistem layanan akademik dosen yang terintegrasi, pedoman layanan akademik dosen di LLDikti Wilayah III, dan tersedianya instrumen pengukuran kinerja layanan akademik dosen yang berkembang sesuai tahapannya pada jangka pendek, menengah dan panjang.

“Sehingga dari proyek penguatan standar pelayanan dosen ini kemudian dapat diperolehnya pemetaan kinerja dosen meningkat, meningkatkanya kinerja layanan akademik dosen dan kinerja dosen di LLDikti Wilayah III, DKI Jakarta,” ungkapnya. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *