Dalang Kerusuhan Berdarah di Papua Ditahan

Foto: Tribratanews

JAYAPURA- Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol. M Iqbal Al Qudussy mengatakan, tersangka Viktor Yeimo saat ini dalam pemeriksaan di Mapolda Jayapura pada Minggu, 9 Mei 2021.

“Satgas Gakkum Nemangkawi berhasil menangkap DPO aktor Kerusuhan Papua 2019 Victor Yeimo,” ujar Kombes Pol. M Iqbal dilansir portal resmi Polri, Senin (10/5).

Kombes Pol. M Iqbal menyebutkan Viktor Frederik Yeimo alias Vikior Yeimo merupakan DPO terkait kasus kejahatan keamanan negara yaitu kerusuhan Papua tahun 2019. “Di tangkap hari ini 9 Mei 2021 jam 19.15 WIT di Jayapura,” tutup Kombes Pol. M Iqbal.

Untuk diingat kembali, pada pertengahan Agustus 2019 hingga akhir September 2019 rentetan kerusuhan pecah di Bumi Cenderawasih.

Kerusuhan pertama kali terjadi di Manokwari, Papua Barat, pada 19 Agustus 2019. Aksi unjuk rasa yang semula damai berubah anarkis.

Kerusuhan berikutnya pecah di kota-kota lain seperti Sorong, Fakfak, Timika, Deiyai dan Jayapura. Kemudian pada September, kerusuhan kembali terjadi di Jayapura dan Wamena. Pemicu kerusuhan di Tanah Papua karena kasus rasial dan hoaks yang memicu unjuk rasa besar-besaran di sana. (red)

 

BACA JUGA :  Dukungan Moral Pada Bupati Pesisir Selatan Wajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *