Pendapatan Box Office China 2021 Tembus 20 Miliar Yuan.

Para pejalan kaki melewati poster film komedi “Hi, Mom” di Beijing, ibu kota China, pada 17 Februari 2021. (Xinhua/Chen Zhonghao)

BEIJING – Pendapatan box office China tahun 2021 menembus 20 miliar yuan (1 yuan = Rp2.236) hingga Minggu (18/4), hampir setara dengan total penjualan tiket untuk keseluruhan tahun 2020.

Proyek penyutradaraan perdana komedian sekaligus aktris Jia Ling “Hi, Mom” dan film komedi keluaran Wanda Pictures “Detective Chinatown 3” memimpin peringkat box office untuk periode 1 Januari hingga 18 April, masing-masing menyumbang 27 persen dan hampir 23 persen dari keseluruhan, menurut platform pemantau data box office di China, Maoyan.

Kedua film tersebut tayang di bioskop-bioskop China pada 12 Februari selama liburan Festival Musim Semi atau Tahun Baru Imlek.

Dengan pendapatan box office kumulatif mencapai 5,4 miliar yuan, “Hi, Mom” mengungguli film fantasi Amerika Serikat (AS) tahun 2017 “Wonder Woman” besutan Patty Jenkins untuk menjadi film berpemasukan tertinggi di dunia yang digarap seorang sutradara wanita, menurut data dari platform data film.

“Hi, Mom” dibintangi oleh Jia sebagai seorang putri berbakti yang sangat terpukul atas kematian ibunya akibat kecelakaan. Dirinya terbawa kembali ke tahun 1981, yang mempertemukannya dengan sang ibu pada masa itu dan berusaha memperbaiki nasibnya dengan menggunakan ide-ide dari masa depan.

Film yang menguras air mata tersebut menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi kedua sepanjang sejarah di box office China, di bawah film laga petualangan China rilisan tahun 2017 berjudul “Wolf Warrior 2”, yang meraup total 5,69 miliar yuan.

Sembilan dari 10 film berpendapatan tertinggi di box office China tahun ini, sebagaimana dikutip Wartabuana.com merupakan produksi domestik.

BACA JUGA :  Drama Semakin Menyengit di Episode 5 'The Apprentice: ONE Championship Edition' dengan Memakan Korban Eliminasi

Satu-satunya film asing, film AS “Godzilla vs Kong”, saat ini menempati urutan keempat pada peringkat tahunan, dengan total pendapatan 1,15 miliar yuan.

Kisah baru dalam jagat sinematik MonsterVerse tersebut mengalahkan “Tenet”, film laga fiksi ilmiah arahan Christopher Nolan, untuk menjadi film asing dengan pendapatan kotor tertinggi di box office China sejak tahun 2020.  [Xinhua]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *