Nina Nugroho Solution Bersama Koko Liem : Bisnis Yang Berkah, Sukses Dunia Akhirat

JAKARTA,SuaraMerdekaJkt.Com-Islam sangat mengajurkan kegiatan berniaga dalam upaya menghidupi keluarga. Bahkan baginda Rasulullah SAW adalah seorang pebisnis handal. Begitu pun istri beliau, Al Mukharomah Siti Khadijah Al Khubro Robialaahu Anha adalah seorang wanita pebisnis yang luar biasa, sehingga merupakan saudagar terkaya di jamannya. Tapi bagaimana agar bisnis tetap berkah? Sukses dunia dan akhirat?

Ustadz KH Muhammad Usman Ansori SQ, MA, atau yang akrab disapa sebagai Ustadz Koko Liem berbagi kiat, ‘Rahasia Meraih Bisnis Yang Sukses dan Berkah’ dalam Nina Nugroho Solution live isntagram melalui akun @ninanugrohostore, Sabtu lalu.

Dipandu Nina Septiana, CEO brand Nina Nugroho, talkshow sore itu berlangsung lebih panjang dari biasanya, karena begitu banyak penonton yang bertanya.

Menurut Koko Liem, berbisnis dalam Islam harus disertai dengan etika yang baik dalam pelaksanaannya. Tidak keluar dari hakekat penciptaan Allah SWT.

‘’Jadi apapun usaha yang kita lakukan, apapun bisnis yang kita lakukan, ingat, tidak boleh keluar dari visi ketika Allah menciptakan manusia, yaitu tidak kuciptakan jin dan manusia kecuali semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Jadi apapun pekerjaan kita, harus kita jadikan ibadah, begitupun dengan bisnis. Bisnis yang seperti apa? Yaitu yang diniatkan ibadah, semata mencari ridha Allah SWT, menafkahi keluarga dan membantu orang yang tidak mampu. Intinya bermanfaat bagi umat yang banyak. Itu lah bisnis yang mengandung nilai ibadah,’’ tutur Koko Liem, alumni Pondok Pesantren Dar El Qolam  dan Pondok Pesantren Tafidz Al Quran Rodhatul Muhsinin ini.

Dalam berbisnis pun ada etikanya, tutur Koko Liem. Yang terutama adalah tidak mengandung judi dan riba. Produk yang dijual tidak bertentangan dengan hal-hal yang dilarang dalam Islam. Bila produk yang dijual melanggar aturan Islam dan mengandung keharaman, maka bisnis itu dilarang dalam Islam.

BACA JUGA :  Menristek Berharap Inovasi Produk Ventilator terus Berlanjut ke Industri

Dalam kesempatan itu, Nina mengajukan pertanyaan mengenai perbedaan sukses dengan berkah. Menurut Koko Liem, sukses dan berkah hanya berbeda tipis. Sukses itu hanya dapat dinikmati ketika di dunia. Sementara berkah adalah sukses dunia dan akhirat. Orang yang sukses belum tentu berkah. Tetapi orang yang berkah sudah pasti sukses.

‘’Penjelasannya, di dalam Alquran, Allah SWT sudah menjelaskan dengan gambling. Allah berfirman, barang siapa yang menginginkan keuntungan dunia, kami berikan keuntungan dunia tersebu. Tapi ingat, dia tidak mendapatkan bagian di akhirat. Tapi , bagi siapa yang ingin mendapatkan keuntungan di akhirat, Allah beri dan Allah tambah keuntungan tersebut, artinya kalau akhirat kita kejar, dunia kita dapat. Tapi kalau kta kejar dunia, akhirat tidak dapat. Jadi orang yang sukses belum tentu berkah, orang yang berkah sudah pasti sukses,’’ jelas Koko Liem.

Bila bisnis tersebut sukses, maka yang terkumpul adalah uang, namun bila berkah maka yang terkumpul adalah bekal untuk menghadap Allah SWT.

Dai illusionist itu kemudian memamerkan kebolehannya sebagai seorang illusionist dengan membakar selembar tisu yang kemudian berubah menjadi selembar uang.

Pada obrolan berikutnya, Koko Liem kembali mengingatkan, bahwa Allah memiliki tiga panggilan, yakni panggilan shalat lima waktu, panggilan ke baitullah dan panggilan ke rahmatullah. Agar panggilan ketiga atau terakhir ini mendapatkan husnul khatimah, maka haruslah mencari keberkahan dalam berbisnis.

‘’Dalam bisnis kita akan mengumpulkan uang, tapi sayangnya uang yang kita kumpulkan dengan susah payah ini tidak akan menemani kita di alam kubur. Bagaimana agar dapat menemani? Maka kita perlu menjalankan beberapa hal. Selain menjaga kehalalan bisnis, bisa dilakukan dengan bersedekah, mengeluarkan zakat, sehingga uang yang terkumpul akan menemani kita hingga di akherat dan menjadi bisnis yang berkah,’’ ungkap Koko Liem.

BACA JUGA :  Uji Coba PTM SMPN 1 Wonogiri, Siswa Wajib Patuhi Prokes

Menutup perbincangan santai sore itu, Koko Liem membagi tipsnya agar bisnis menuai berkah. Yakni niat berbisnis untuk beribadah kepada Allah SWT, jujur dan amanah, membuka tali silaturahmi, tidak berputus asa dan pergi ke dukun atau menggunakan jimat.

‘’Kalau kita jujur, menanam kebaikan, niscaya keberkahan dan keberuntungan akan datang dengan sendirinya. Ini pun merupakan anugrah dari Allah SWT tutup  Koko Liem.(*)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *