KKP Dorong Ikan Jadi Hidangan Utama saat Puasa dan Lebaran.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dan Chef Priscilya. (SM/KKP).

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengajak masyarakat untuk rutin mengonsumsi ikan. Terlebih selama bulan Ramadan, kandungan gizi ikan bisa menjaga tubuh tetap fit dan membuat puasa menjadi lancar.

“Makan ikan itu jauh lebih bagus. Karena memiki banyak protein dan vitamin, khususnya omega,” kata Trenggono usai melakukan demo masak bertajuk Fish to Fish di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Senin (26/4).

Sembari memasak menu Barramundi Eungkot Tumeh Aceh dan Udang Bunaken, Trenggono mengaku, selama berpuasa mengurangi konsumsi karbohidrat. Sebaliknya, dia memperbanyak asupan protein yang dipenuhi dari mengonsumsi ikan.

“Barramundi lebih sehat tidak kolesterol. Sekarang ini saya pribadi ngurangi karbo perbanyak protein dari ikan,” sambungnya.

Senada, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti menyebut ikan memiliki sejumlah keunggulan dibanding pangan protein lainnya. Keunggulan tersebut di antaranya kandungan gizi, harga, hingga kemudahan mengolah jadi beragam menu.

Dalam kesempatan tersebut, bersama Chef Ari Galih, Artati memamerkan kepiawaiannya mengolah tuna untuk dijadikan menu lebaran.

“Sehat, murah dan mudah diolah. Saya ini ngolah lontong kari tuna, cocok untuk hidangan pas lebaran nanti,” ujar Artati.

Kendati demikian, Chef Priscilya mengingatkan pentingnya meminimalisir penggunaan minyak saat menggoreng ikan. Sebaliknya, sebagai bahan pangan yang mudah diolah, dia mengajak masyarakat untuk mencoba beragam menu dan resep ikan selain digoreng.

“Sedikit banget konsumsi minyaknya karena bisa kolesterol. Banyak banget variasi (menu) yang bisa kita masak,” kata Chef Priscil usai menjadi partner memasak Menteri Trenggono.

Jebolan Master Chef Indonesia pun menyebut semua ikan bagus untuk dikonsumsi, baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Bahkan, dia mengajak masyarakat untuk tak ragu menjadikan ikan sebagai hidangan utama saat lebaran nanti.

BACA JUGA :  Ketua DPD RI Minta Penggunaan Dana Haji Transparan

“Ikan apa aja yang layak konsumsi, semua ikan bagus banget. Menu lebaran, daging lontong kita ganti pakai ikan enak juga,” pungkasnya. (Bb-69).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *