Antisipasi Pemudik, Magelang Siapkan 1.000 Tes Rapid Antigen

MAGELANG- Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang siapkan seribu tes rapid antigen jelang lebaran. Rapid antigen tersebut dipersiapkan sebagai antisipasi apabila ada warga yang nekat mudik.

“Kita belum tahu jumlah itu cukup atau tidak, tapi yang jelas itu untuk mengantisipasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, Senin (26/4/2021).

Retno mengatakan, Dinkes bersama dengan tim gabungan, salah satunya Polres Magelang, sudah mulai melakukan pengetatan untuk pemudik. Namun apabila ada yang akhirnya bisa lolos kembali ke rumah, maka diharapkan Satgas Jogo Tonggo betul-betul bisa melihat, apakah para pemudik membawa kartu rapid antigen atau tidak.

Apabila membawa dan hasilnya negatif, maka bisa langsung masuk ke rumah. Namun bila tidak membawa, maka akan dilakukan tes rapid antigen untuk screening. Namun, apabila hasilnya positif, maka akan ditindaklanjuti Satgas Jogo Tonggo dan Puskesmas setempat.

“Kalau negatif, bisa langsung ke rumah,” lanjutnya.

Demikian juga untuk tempat-tempat wisata, yang harus diperhatikan betul oleh pengelola adalah tentang protokol kesehatan. Pengelola juga harus selalu menjaga agar tidak terjadi kerumunan.

“Karena kerumunan ini menjadi salah satu penyebaran Covid-19,” pesannya.

Apabila pengelola wisata ingin menambah kuota jumlah wisatawan, maka harus dievaluasi terlebih dahulu. Misal kuota 30 persen dari kapasitas dinilai aman, maka bisa ditingkatkan lagi.

“Namun, tetap yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

 

BACA JUGA :  Anak-anak Pejuang Kanker YKAKI Terima Donasi Masker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *