The Professor Band Jakarta, Membumikan Pancasila.

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com –– Di Mana posisi musik tradisi dalam skena musik nasional? Sejauh mana anak muda Indonesia mengasup musik tradisi. Di saat bersamaan bagaimana posisi Pancasila di mata anak muda kiwari?

Berangkat dari pemahaman itulah,
The Professor Band kembali hadir dengan karya terbarunya bertajuk ‘Pembumian Pancasila’.

Karya ini didaku menjadi alternatif pendekatan nilai-nilai Pancasila yang saat ini di timbang masih terlalu bernuansa politis dan menekankan pada hafalan serta penataran, belaka.

Dengan mengaransemen ulang lagu-lagu tradisional yang disesuaikan dengan perkembangan selera masa kini, karya ini diharapkan menjadi bentuk pendekatan baru untuk membangkitkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air bagi lintas generasi.

Sebagaimana dijelaskan Andi Widjajanto Koordinator Utama LAB 45, dan We The Youth, Pancasila sebagai ideologi negara pasti akan terus bertahan di bumi dengan berbagai bentuk adaptasinya ke depan.

“Apalagi album ini cukup unik dengan membuat kompilasi lagu daerah yang diaransemen, dibalut gaya yang masih relevan hingga saat ini,” kata Andi dalam virtual meeting di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

Karenanya David Tarigan selaku penggemar musik yang turut menginisiasi Gerakan Irama Nusantara, mendukung perilisan album ini.

The Professor Band sendiri dibentuk sejak 10 tahun yang lalu. Menurut Prof. Paulus Wirutomo, sebagai salah satu anggota, album ini merupakan sumbangan kecil dari The Professor Band, dengan harapan semangat Pancasila menjadi pedoman masyarakat Indonesia.

“Kita angkat lagi lagu-lagu tradisional yang selama ini istirahat, agar orang-orang muda bisa merasakan: oh ini lho keragaman Indonesia,” kata Paulus.

Ada enam lagu di album ini, yang akan ditambah enam lagu lagi untuk diaransemen, sehinga total ada 12 lagu. Harapannya 12 lagu sudah bisa mewakili pulau-pulau besar di Indonesia.

BACA JUGA :  Konvoi di Bundaran HI, Kerumunan Pendukung Persija Dibubarkan Polisi

Musik, menurut David Tarigan, muaik punya kuasa yang sangat besar dalam usaha Pembumian Pancasila via musik. Selain itu dibutuhkan kesadaran kolektif untuk merealisasaikan niat ini

Saat ini, album ‘Pembumian Pancasila’ sudah dapat didengarkan via saluran YouTube ‘The Professor Band’. (Bb-69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *