UNS Masuk Peringkat 201-300 Dunia dari Times Higher Education

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil masuk ke dalam peringkat 201-300 dari 1.115 perguruan tinggi di dunia yang dinilai oleh Times Higher Education (THE) pada tanggal 21 April 2021. Skor yang diperoleh UNS adalah 73,1 dari maksimal 100.

“UNS terus berkarya dalam tridharma perguruan tinggi dan memperoleh apresiasi dari pihak eksternal,” ujar Rektor UNS, Jamal Wiwoho melalui keterangan tertulis, Rabu (21/4).

THE Impact Ranking merupakan perankingan perguruan tinggi yang befokus pada penilaian terkait dengan kontribusi dalam pencapaian United Nations Sustainable Development Goals (SDGs). Indikator yang digunakan adalah berdasarkan pada aspek research, outreach dan stewardship.

Selain itu, hal lain yang membanggakan adalah bahwa dalam THE Impact Ranking 2021 ini, UNS menempati peringkat ke 28 dunia untuk kategori SDG ke-4 yaitu terkait dengan Quality of Education. Untuk SDG ke-4 ini, UNS merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi.

“Masuknya UNS di peringkat 28 dunia untuk SDG ke 4 menunjukkan bahwa kontribusi UNS dalam meningkatkan kualitas pendidikan memperoleh apresiasi yang tinggi di tingkat dunia,” tuturnya.

Jamal menyampaikan bahwa prestasi ini patut disyukuri karena ini pertama kalinya UNS masuk dalam perangkingan THE Impact Ranking dan bisa langsung berada pada posisi 201-300 dunia. Hasil ini menunjukkan bahwa UNS berkomitmen tinggi dan berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

Times higher education (THE), lembaga perangkingan yang bereputasi dari UK – Inggris. QS dan THE ini dua lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yg paling diakui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menggunakan QS dan THE sebagai indikator perguruan tinggi berkelas dunia. (nya/69)

BACA JUGA :  P2G : Dana AN Sebaiknya Direalokasikan untuk Bantu PJJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *