Program Sosialisasi Literasi Keuangan Mahasiswi Universitas Mercu Buana Tumbuhkan Kesadaran Serta Perubahan Perilaku Anak Sejak Usia Dini

MERUYA,Suara Merdeka.Com.– Mahasiswi Mercu Buana, telah melaksanakan sosialisasi literasi keuangan pada tanggal 5, 6 dan 19 April 2021 lalu. Sosialisasi ini dilakukan secara online, dan diikuti oleh peserta dari Kelas 5A & Kelas 5B Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Muta’alimin Meruya, Kembangan, Jakarta Barat.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas akhir dari mahasiswi Universitas Mercu Buana Meruya. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan untuk peka dan peduli dengan permasalahan di sekitarnya, sehingga bukan hanya materi yang didapatkan namun mahasiswa benar-benar harus terjun ke lapangan untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya. Salah satu fokusnya adalah menumbuhkan kesadaran serta perubahan perilaku pada anak-anak khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Muta’alimin Meruya.
Kegiatan Sosialiasi Literasi Keuangan memberikan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran anak-anak melalui cerita dan permainan yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan dan semakin semangat dalam mengikuti kegiatan. Selain mendapatkan tambahan pengetahuan melalui materi, anak-anak juga mendapatkan sebuah celengan yang berguna untuk mereka praktekkan di rumah.
Selama sosialisasi literasi keuangan berlangsung, anak-anak sangat antusias dalam menjawab pertanyaan. Anak – anak sudah mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan, serta sudah mengetahui asal-usul uang, cara menabung dan mengelola uang. Selain itu, anak-anak juga telah diajarkan bagaimana cara menabung di bank, jenis-jenis kartu serta jenis bank yang ada di Indonesia. Beberapa diantara anak-anak sudah menabung untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan. Ini juga menjadi salah satu indikator kami dalam memberikan pembelajaran mengenai literasi keuangan. Diharapkan sosialisasi seperti ini dapat terus berlanjut, guna menjadi bekal anak usia dini di masa depan.(budi nugraha/69)

BACA JUGA :  From Us For Earth SMA Sekolah Alam Cikeas Kepedulian Generasi Milenial Pada Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *