Dirjen Dikti : Protokol Kesehatan Jadi Kunci Pelaksanaan UTBK Berjalan Lancar

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang 1 dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah dimulai serentak di Indonesia. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam yakin bahwa UTBK tahun 2021 akan berjalan dengan lancar.

Menurutnya, UTBK telah dipersiapkan dengan matang meski diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dengan berbekal pengalaman UTBK tahun 2020.

“Sudah pengalaman, sudah penuh dengan diskusi apakah harus berjalan atau tidak dengan perdebatan panjang, berakhir dengan berjalannya kegiatan UTBK. Penerapan protokol kesehatan menjadi kuncinya,” ujar Nizam saat melakukan tinjauan langsung terhadap tempat pelaksanaan UTBK di Universitas Indonesia (UI), Salemba, Rabu (14/4).

Mengantisipasi penularan Covid-19 pada UTBK tahun 2021, penerapan protokol kesehatan di kawasan Kampus UI Salemba diterapkan dengan ketat, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dan penerapan 3M. Nizam juga menegaskan bahwa demi kelancaran UTBK ini, para calon mahasiswa juga wajib melakukan rapid test terlebih dahulu.

Terkait hal teknis, Ketua Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo turut menambahkan bahwa setiap peserta harus sudah tau persis apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti ujian tersebut. Ia juga memastikan bahwa soal-soal UTBK telah dijamin keamanannya dan terhindar dari kebocoran soal.

“Persiapan penyelenggaraan UTBK ini sudah rampung 100 persen dan kita tinggal liat hasilnya. Kami jamin tidak akan ada kuota ‘lewat belakang’ seperti yang sudah beredar,” tambah Budi.

Dalam peninjauan ini, hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris, Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam, Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, dan Kepala Kantor PMB UI Gunawan.

BACA JUGA :  Pemerintah Beri Beasiswa Pendidikan Putra-Putri Patriot KRI Nanggala 402

UTBK 2021 gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021. Adapun gelombang 2 akan dilaksanakan pada 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021, sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh LTMPT. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *