Program Kelas Virtual Bahasa Indonesia diikuti Lebih 30 Negara di Seluruh Dunia

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Selama pandemi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak bisa mengirim pengajar ke negara tujuan. Oleh karena itu, Badan Bahasa memutuskan untuk menjalankan program pengajaran jarak jauh secara daring.

Alhasil, Kemendikbud membuka kelas virtual bahasa Indonesia di KBRI Washington DC. Kelas Virtual Bahasa Indonesia tahun 2021 yang ditawarkan KBRI Indonesia di Washington DC diminati 291 peserta. Kelas akan berlangsung selama tiga bulan dari 14 April 2021 sampai 16 Juli 2021.

“Saat ini program tersebut telah berjalan di lebih dari 30 negara di seluruh dunia,” ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz, Rabu (14/4).

Aminudin menyampaikan bahwa ke depan Badan Bahasa akan membuka lebih banyak kelas. Ia pun berharap pandemi segera berakhir agar kita dapat mengirim pengajar BIPA ke seluruh dunia.

“Target kita pada tahun 2024, Bahasa Indonesia dipelajari 100.000 pemelajar di seluruh dunia. Program ini merupakan satu program prioritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami akan bekerja keras untuk mewujudkannya,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya Kemendikbud hanya memiliki program Darmasiswa. Akan tetapi, saat ini Kemendikbud melalui Badan Bahasa memiliki dua program beasiswa untuk siapa pun yang berminat mempelajari bahasa Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Scholarship dan BIPA Teaching Fellowship.

BIPA Scholarship, lanjut Aminudin, diperuntukkan pemelajar Bahasa Indonesia di Indonesia selama satu tahun, sedangkan BIPA Teaching Fellowship diperuntukkan untuk siapa pun yang ingin menjadi pengajar Bahasa Indonesia di negaranya selama satu tahun enam bulan.

“Satu tahun untuk meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia dan enam bulan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pengajaran,” tambahnya. (nya/69)

BACA JUGA :  UNU Purwokerto Gelar Pelatihan dan Praktek Pertanian Modern

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *