Maybank Indonesia Resmikan Tiga Kantor Cabang Syariah Makin Dekatkan Akses Perbankan Berbasis Syariah Bagi Masyarakat Luas      

 

 

 
 
 


 

Jakarta,Suara Merdeka.Com. – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia atau Bank”) hari ini meresmikan tiga kantor cabang Syariah Maybank Indonesia di Jambi, Malang dan Banda Aceh secara serentak. Acara peresmian yang dilakukan secara virtual tersebut dihadiri oleh Taswin Zakaria, Presiden Direktur, Maybank Indonesia beserta jajaran Komisaris dan Direksi Bank, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia (“BI”) dan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) di tiga kota tersebut.
 
Dalam sambutannya Taswin menyampaikan, “peresmian ini merupakan wujud upaya Maybank Indonesia dalam mengoptimalkan layanan Syariah kepada masyarakat luas, dan untuk memperkenalkan solusi keuangan syariah yang mempunyai competitive advantage. Dengan diresmikannya tiga kantor cabang Syariah, maka kini kami memiliki total 18 kantor cabang Syariah di seluruh Indonesia.”
 
Sejak 2014 lalu, Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (“UUS”) telah menjalankan strategi Shariah First yang berfokus pada upaya aktif untuk memperkenalkan solusi keuangan Syariah terlebih dahulu kepada para nasabah sebagai sebuah solusi keuangan yang dikelola sesuai prinsip Syariah, yang dapat diakses oleh segala lapisan masyarakat tanpa memandang agama maupun kepercayaan.
 
Disamping itu, Bank juga mengadopsi pendekatan Leveraged Model, dimana UUS Maybank Indonesia dapat mendayagunakan seluruh sumber daya dan jaringan Bank untuk memasarkan produk keuangan berbasis Syariah. “Leveraged Model yang kami terapkan telah mampu memberi kontribusi pada persentase rata-rata pertumbuhan aset tahunan UUS Maybank Indonesia yang mencapai 17,1% dalam lima tahun terakhir,” ujar Taswin.
 
Ada pun penambah jaringan kantor cabang Syariah Maybank Indonesia tersebut merupakan bagian dari upaya Bank untuk mewujudkan misi Humanising Financial Services dengan tujuan agar layanan perbankan Maybank Indonesia dapat berperan dalam memajukan perekonomian, termasuk potensi ekonomi daerah dalam berbagai bidang usaha perdagangan dan perindustrian.
 
Sementara itu, Romy Buchari, Head Shariah Banking, Maybank Indonesia mengatakan, “melalui jaringan kantor cabang Syariah, kami siap melayani kebutuhan akan solusi keuangan berbasis Syariah bagi nasabah individu, UKM maupun Korporasi yang membutuhkan produk mulai dari simpanan, tabungan haji hingga pembiayaan properti atau infrastruktur. Selain itu, UUS Maybank Indonesia juga dapat memfasilitasi perusahaan daerah yang membutuhkan pembiayaan proyek-proyek pembangunan daerah. Kami berkomitmen untuk membantu dalam membangun perekonomian Syariah di Tanah Air, dimana bisa dilihat porsi aset Syariah kami telah melampaui 21% dari total aset Maybank Indonesia. Ini adalah persentase tertinggi dari seluruh Unit-unit Usaha Syariah yang ada di Indonesia.”
 
Peresmian kantor cabang Syariah Banda Aceh merupakan perwujudan atas penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11 tahun 2018 yang ditetapkan oleh Pemerintah Nanggroe Aceh Darussalam yang mengatur kegiatan usaha lembaga keuangan untuk dijalankan sesuai dengan prinsip Syariah.
 
Disamping sektor ritel, UUS Maybank Indonesia juga telah berperan aktif di sejumlah proyek strategis di tanah air, diantaranya, sebagai bank pertama di Tanah Air yang menyediakan fasilitas pembiayaan untuk pengadaan vaksin Covid-19 kepada PT Bio Farma (Persero) sebesar USD 185 juta atau setara Rp 2,68 triliun di akhir tahun 2020 lalu. Kemudian, UUS Maybank Indonesia telah membantu Pemerintah dalam menerbitkan Green Sukuk sebesar USD 2,5 milyar. Selain itu UUS Maybank Indonesia juga menyediakan fasilitas Foreign Currency Hedging Islamic Banking (“iB”) yang mulai diperkenalkan ke pasar sejak awal 2020.
Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U ID App Mobile Banking, Maybank2u Internet Banking dan berbagai saluran lainnya.
 
Per Desember 2020, Maybank Indonesia memiliki 361 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 Mobil Kas Keliling dan 1.428 ATM termasuk 79 CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei.  Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp115,0 triliun dan memiliki total aset senilai Rp173,2 triliun pada akhir Desember 2020.(budi nugraha/69)
 
Caption:
Peresmian Kantor Cabang Syariah Maybank Indonesia – Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) Taswin Zakaria bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (“BI”) dan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”), serta jajaran Komisaris dan Manajemen, pada peresmian tiga kantor cabang Syariah Maybank Indonesia yang dilaksanakan secara virtual di Banda Aceh, Jambi dan Malang (8/4). Dengan bertambahnya cabang tersebut, Perbankan Syariah Maybank Indonesia kini memiliki 18 kantor cabang di seluruh Indonesia, dimana nasabah dapat mengakses berbagai produk Syariah unggulan. Peresmian kantor cabang Syariah Banda Aceh khususnya merupakan perwujudan atas penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah yang ditetapkan oleh Pemerintah Nanggroe Aceh Darussalam yang mengatur kegiatan usaha lembaga keuangan untuk dijalankan sesuai dengan prinsip Syariah.
 

BACA JUGA :  NAMARIN: Pelabuhan Patimban Belum Layak Beroperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *