Uji Coba Penerbangan di Bandara Jenderal Soedirman Sukses

Uji coba penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman. (Foto istimewa)

PURBALINGGA – Pesawat tipe ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink mendarat dengan mulus di landasan pacu Bandara Jenderal Besar Soedirman (JB Soedirman), Purbalingga, Kamis (1/4/2021).

Pesawat tersebut melakukan penerbangan uji coba (proving fligt) dari Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta, dengan membawa rombongan dari direksi PT Citilink Indonesia, Angkasa Pura II, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, dan tim dari Airnav.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyampaikan, penerbangan resmi pertama (firsts flight) dijadwalkan pada 22 April 2021, sesuai tahapan yang telah ditetapkan oleh PT Angkasa Pura II.

“Mudah mudahan tidak ada halangan berarti, sehingga seluruh masyarakat Purbalingga bisa merasakan keberadaan Bandara Jenderal Besar Soedirman yang sesungguhnya,” katanya.

Terkait dengan larangan mudik yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19, imbuh Bupati Tiwi, Pemerintah Kabupaten Purbalingga siap mengikuti keputusan dari pemerintah pusat. Namun, Bandara JB Soedirman Enclave Sipil Lanud JB Soedirman ini akan tetap melayani kebutuhan penumpang untuk keperluan yang lain.

“Kami akan tetap mengikuti apa yang jadi keputusan dan kebijakan dari pemerintah pusat, akan tetapi dengan keberadaan bandara tetap bisa melayani penumpang dengan tujuan-tujuan tertentu, seperti bisnis dan sebagainya,” katanya.

Tiwi yakin pembukaan bandara JB Soedirman bisa memberi dampak peningkatan perekonomian, terutama terhadap masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian barat dan selatan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengungkapkan, pihaknya berencana untuk melakukan ekspansi rute, salah satunya ke Purbalingga.

“Hari ini kita melakukan proving flight sekaligus memberi awareness atau menarik perhatian publik bahwa Citilink siap terbang dan masuk ke Purbalingga. Kalau melihat dari traffic analisa geografis kami yakin traffic ini akan tumbuh dan menarik buat transportasi udara,” katanya.

BACA JUGA :  bank bjb Sambut Positif Dukungan Dewan Terkait Penambahan Modal Pemprov Banten

Sebagai penjajakan, lanjut Juliandra, frekuensi awal penerbangan Citilink akan dilakukan sebanyak 1 kali penerbangan pulang-pergi per hari. Saat ini pihaknya belum menentukan harga tiket untuk rute HLP – PWL ini. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *