Layanan Science E-Trip dapat Dimanfaatkan Sekolah untuk Praktik IPA

Direktur PP Iptek Kemristek/BRIN, M. Syachrial Annas (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Layanan Science E-Trip merupakan layanan kunjungan virtual yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah sebagai alternatif untuk praktik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Science E-Trip akan dibawakan oleh pemandu dari Pusat Peragaan Iptek (PP Iptek), Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), secara langsung (live) melalui platform aplikasi pertemuan daring/virtual.

Direktur PP Iptek Kemristek/BRIN, M. Syachrial Annas menjelaskan bahwa Science E-Trip dilengkapi dengan berbagai paket yang dapat dipesan di antaranya Paket A: 15 video alat peraga interaktif, Paket B: 10 video alat peraga + 4 video demo sains + video demo roket air, Paket C: live Science Show, serta Paket D: live Sanggar Kerja Sains.

“Siswa dan guru dapat berinteraksi dan bertanya kepada pemandu secara langsung tentang materi IPA yang dibawakan,” jelasnya di Jakarta, Senin (5/4).

Untuk mendaftarkan layanan Science E-Trip caranya sangat mudah, sekolah cukup daftar melalui link http://bit.ly/vtppiptek dan memilih paket yang diinginkan, setelah itu pihak PP Iptek akan menghubungi sekolah untuk menentukan macam alat peraga dan judul program yang akan ditampilkan pada saat Science E-Trip berlangsung.

“Bagi pengunjung yang memilih Paket A dan Paket B, biayanya hanya Rp. 27.500,- per orang dengan minimal pemesanan 20 orang, sedangkan Paket C biaya Rp. 15.000,- per orang dengan minimal 50 orang dan Paket D biaya Rp. 30.000,- per orang dengan minimal pemesanan sebanyak 40 orang,” kata Kepala Sub Divisi Promosi & Kerjasama PP Iptek, Ika Mian.

Selain Science E-Trip, PP Iptek memiliki layanan peragaan digital lainnya, yaitu Wahana Digital Word, Virtual Reality, Wall Interactive, dan Wahana Evolusi Teknologi. PP Iptek juga melakukan program sains berupa lomba-lomba di tahun 2021 ini yang dilakukan secara online dalam waktu dekat.

BACA JUGA :  P2G Desak Kepala Daerah Segera Hentikan Uji Coba PTM Terbatas

“Di antaranya Doodle Art Science Contest untuk siswa kelas 4-6 SD diadakan dari 19 Februari hingga 31 Maret 2021, Lomba Mewarnai untuk siswa kelas 1-3 SD diadakan dari 1 Maret sampai 12 April 2021, Photography Contest untuk siswa SMP diadakan dari 1-28 April 2021. Dalam rangka Photography Contest juga mengadakan Webinar tentang Fotografi dan Reptil pada tanggal 8 April 2021,” terangnya.

Untuk program sains lainnya, lanjut Ika, PP Iptek juga merencanakan menyelenggarakan lomba dan Seminar/Pelatihan, yakni
Narator Cilik untuk TK, VJ Hunt untuk SMA, Mahasiwa, & umum, Dongeng Sains Nusantara untuk guru TK & Mahasiswa, Science Show in Frame untuk SMA, Kompetisi Poster Sains go to international untuk SD, Kompetisi Roket Air untuk SMP, Lomba Pembuatan Alat Peraga untuk guru SD & guru SMP, Webinar pembelajaran sains siswa dan pengembangan guru.

“Harapan PP Iptek kedepan bahwa transformasi menjadi layanan digital ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kapasitas dan kapabilitas generasi muda dalam bidang sains dan teknologi, serta keberadaan PP Iptek sebagai science center di Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan stakeholder lainnya demi memajukan SDM Indonesia yang melek ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu menciptakan inovasi Iptek,” tambahnya. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *