Proses Belajar Mengajar Secara Tatap Muka Penting untuk Hindari Learning Loss

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mendukung diterbitkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri untuk segera dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Menurutnya, proses belajar mengajar secara tatap muka menjadi penting untuk menghindari learning loss.

“Kondisi ketika anak-anak kita akhirnya lebih banyak bermain online, tidur di rumah atau hanya mendengarkan guru tanpa memperhatikan harus kita hadapi dan harus kita ubah,” katanya.

Seperti dilansir The World Bank bahwa penutupan sekolah di seluruh dunia diperkirakan dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan seumur hidup dari generasi yang saat ini berada di usia sekolah sebesar paling tidak US$10 triliun.

Sementara World Health Organization juga menyatakan bahwa penutupan sekolah memiliki dampak negatif bagi perkembangan kesehatan, pendidikan, pendapatan keluarga, dan perekonomian secara keseluruhan.

Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta, Ki Saur Panjaitan mengakui tujuan pendidikan akan sulit dicapai jika pembelajaran tatap muka tidak segera dilakukan.

“Kita khawatir sekali akan kehilangan satu generasi. Pembelajaran tatap muka terbatas sebaiknya bisa kita jalankan dengan mengedepankan protokol kesehatan,” pesan Ki Saur. (nya/69)

BACA JUGA :  P2G Ragukan Kesiapan Sekolah Memenuhi Syarat Daftar Cek Protokol Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *