Pengajar Praktik Punya Peran Pendampingan Individu

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Koordinator Kelompok Kerja Program Guru Penggerak, Kasiman mengatakan bahwa pada angkatan keempat akan dilakukan rekrutmen bagi Calon Pengajar Praktik (Pendamping). Calon Pengajar Praktik, lanjutnya, direkrut dari unsur guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan.

“Pengajar praktik mempunyai peran melakukan pendampingan individu, memfasilitasi lokakarya, mengevaluasi dan memberi umpan balik kepada Calon Guru Penggerak, membuat laporan capaian perkembangan Calon Guru Penggerak, serta memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut,” ujarnya di Jakarta, Kamis (1/4).

Untuk calon Pengajar Praktik (Pendamping) pendaftaran juga dibuka pada 22 Maret hingga 24 April 2021. Penilaian seleksi tahap pertama akan dilakukan pada tanggal 26 April sampai 1 Mei 2021 untuk memeriksa kelengkapan seluruh dokumen yang diunggah oleh peserta. Berikutnya, panitia melakukan verifikasi dan validasi.

“Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 7 Juni – 3 Juli 2021, untuk selanjutnya mengikuti seleksi simulasi mengajar dan wawancara. Sebelum ditetapkan menjadi pengajar praktik, peserta akan mendapatkan pembekalan sebagai calon pengajar praktik pendidikan guru penggerak,” tuturnya.

Program Guru Penggerak merupakan program pendidikan yang menyiapkan para guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran masa depan, baik sebagai calon kepala sekolah, pengawas sekolah, maupun sebagai instruktur pelatihan guru. Program ini menitikberatkan pada kemandirian guru dalam mengembangkan profesi dan kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership).

Melalui kelas pelatihan daring, lokakarya serta pendampingan yang terukur, program ini diharapkan dapat menghasilkan bibit pemimpin Indonesia masa depan yang dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri,  kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, dan bernalar kritis.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap melalui program ini, Guru Penggerak dapat hadir sebagai mentor (coach) rekan guru lain, menjadi agen perubahan ekosistem pendidikan yang berfokus kepada peserta didik.

BACA JUGA :  Kepala BRIN Optimis Indonesia Bisa Segera Maju Bangun Perekonomian Berbasis Riset

“Kepada para guru, kepala sekolah, praktisi pendidikan, mari bergabung ke dalam Program Guru Penggerak Angkatan ke-4,” kata  Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Ditjen GTK, Kemendikbud, Praptono.

Untuk informasi selengkapnya dapat mengakses laman Program Guru Penggerak : https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *