Petani Tembakau Didorong Manfaatkan Teknologi

Perkebunan Tembakau. (Foto istimewa)

TEMANGGUNG- Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (DPC APTI) Kabupaten Temanggung mendorong petani tembakau di Kabupaten Temanggung untuk lebih mengenal dan memanfaatkan teknologi. Sehingga hasil panen tembakau bisa lebih menyejahterakan para petani.

Hal itu disampaikan Ketua DPC APTI Kabupaten Temanggung, Siamin, saat sarasehan sehari bertema “Menyemai Harapan di Musim Peralihan” digelar di Temanggung,  yang dihadiri Wakil Bupati Temanggung R Heri Ibnu Wibowo, Pengurus APTI Nasional, APTI Jawa Tengah dan APTI Kabupaten Temanggung.

Menurutnya, salah satu bentuk dorongan tersebut dilakukan dengan menggelar sarasehan dengan mendatangkan sejumlah praktisi dari berbagai institusi, di antaranya BMKG dan pakar dari perguruan tinggi.

Ditambahkan, sarasehan yang diikuti anggota Gapoktan dari 14 kecamatan, untuk mengenalkan teknologi kepada petani tembakau di Kabupaten Temanggung. Termasuk, memberikan informasi dan pemahaman soal produk tembakau selain rokok, yang potensinya cukup besar. Sehingga, dapat digarap petani lokal dan mampu menyejahterakan petani.

“Petani tembakau harus lebih mengerti cuaca, selama ini petani tembakau hanya berdasarkan ilmu ’titen’. Untuk itu di sarasehan ini kita datangkan pakar cuaca dari BMKG Jawa Tengah, harapannya petani tembakau lebih paham dengan iklim, jadi nantinya lebih pas melihat cuaca saat menanam dan memanen,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengapresiasi acara sarasehan yang diselenggarakan APTI Temanggung. Dia berharap, ke depan APTI Temanggung dengan pengurus baru bisa menjadi jembatan bagi petani tembakau agar lebih sejahtera.

“APTI Temanggung juga diharapkan bisa berkomunikasi dengan sejumlah pabrikan rokok, harus bisa mengomunikasikan jenis grade-nya seperti apa, kualitas seperti apa, dan harganya berapa, sehingga petani benar-benar diuntungkan, APTI juga harus mampu melakukan teroboson-terobosan dengan pabrikan kecil agar bisa membeli tembakau di Temanggung,” harapnya.

BACA JUGA :  PPKM Diperpanjang, Ganjar Sebut Jateng Siap Terapkan

Selain dengan pabrikan, ia juga berharap agar APTI bisa bekerja sama dengan akademisi untuk melakukan penelitian.

“Selain untuk bahan baku rokok, tembakau juga bisa dijadikan bahan baku lainnya, seperti diekstrak untuk diolah menjadi nikotin cair untuk vape,” pungkasnya. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *