Dirjen Dikti Tekankan Pentingnya Lulusan Perguruan Tinggi untuk Bisa Produktif

Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam (SMJkt/Ist)

PAPUA, Suaramerdekajkt.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam menekankan bahwa hal yang penting bagi lulusan perguruan tinggi bukanlah selembar ijazah yang didapatkan, melainkan kompetensi, kemampuan, dan pengalaman untuk bisa produktif juga mempergunakan pengetahuan yang telah dienyam selama masa perkuliahan. Untuk kemudian di aktualisasikan dalam berbagai macam lapangan pekerjaan.

“Inilah yang mendorong kita semua untuk mengambil program Kampus Merdeka, yaitu menyiapkan adik-adik mahasiswa sedini mungkin terjun ke dunia profesi yang akan mereka arungi,” katanya saat kunjungan kerja di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua, kemarin.

Nizam menjelaskan bahwa saat ini telah memasuki era disrupsi, yaitu era revolusi industri ke-4, dimana banyak hal telah tergantikan oleh sistem teknologi cerdas, tidak terlewati juga profesi pekerjaan yang mulai tergerus oleh teknologi.

“Ke depan akan lebih banyak hal yang terdisrupsi, oleh karena itu kita harus menyiapkan anak-anak kita sejak dini,” jelasnya.

Selain itu, melihat semakin berkembangnya teknologi internet, membuat kita menjumpai banyak masyarakat yang tergolong post-truth society (masyarakat pasca kebenaran). Setiap hari kita dibanjiri informasi melalui media sosial, kemampuan kita untuk memilah informasi yang benar dan tidak menjadi tantangan yang besar dalam bernavigasi memahami dan memaknai lingkungan sosial kita.

“Hal ini membuat kita harus memiliki kompetensi atau kecakapan baru dalam bernavigasi di dunia post-truth society,” ujarnya.

Nizam pun mengungkapkan bahwa peran perguruan tinggi dalam hal-hal tersebut sangatlah penting, dimulai dari menyiapkan dosen-dosen kita untuk bisa melek segala bentuk perkembangan teknologi. (nya/69)

BACA JUGA :  Dorong Manajemen Pendidikan Tinggi Lebih Modern Melalui Aplikasi Pindai Dikti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *