DJ Stroo Menolak Mati.

Dj Stroo dan Ten2Five. (SM/Ist).

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com
Setelah merilis “Aku Garuda (New Version)” feat. Roy Jeconiah (Exs Boomerang), Toto Tewel (Elpamas) (10/11/2020) dan “This Feeling (Indonesian Version)” feat. Tasya Crestada (16/01/2021), Dj Stroo kembali merilis single terbaru, bertitel “Ain’t A Love Song”.

Kali ini tidak hanya berkolaborasi dengan vokalis, akan tetapi dengan sebuah band. Nama Ten2Five, yang saat ini berawak Imel (vocal), Ardhy (gitar) dan Thomas (drum, perkusi) menjadi pilihan kolaborasinya.

Sebuah single yang masih berkarakter EDM (Electronic Dance Music), tapi dengan nuansa band yang juga menonjol.

Lagu ini sebenarnya sudah di ciptakan DJ Stroo pada pertengahan 2019 lalu. Akan tetapi karena masih binggung memilih kolaborator, lagu ini tidak jadi di produksi, dan akhinya DJ Stroo merilis single “People Power” (2019).

Saat ingin memproduksi single “Ain’t A Love Song” tampa disengaja, Dj Stroo melihat sebuah tayangan penampilan band Ten2Five di chanel YouTube. DJ Stroo langsung tertarik dan merasa cocok dengan vocal Imel (vokalis band Ten2Five). Dia langsung menghubungi pihak managemen band Ten2Five yang kebetulan memang sudah di kenalnya sejak lama.

Dari pembicaraan via telepon dan akhirnya bertemu dengan seluruh personil band yang di kenal lewat lagu hits “I Will Fly” ini, mereka bersepakat untuk berkolaborasi.

Apalagi materi lagu “Ain’t A Love Song” cukup di terima oleh seluruh personil Ten2Five. Kesepakatan berkolaborasi bukan menjadi hal yang mudah pada kenyataanya. Karena, demo lagu yang sudah dibuat awalnya memang di tulis Dj Stroo untuk vocal cowok.

Di sisi lain, Ten2Five (yang dalam waktu dekat juga akan merilis single baru) lebih di kenal dengan lagu-lagu ballad bernuansa akustik, dan mereka memang belum pernah berkolaborasi dengan Dj atau genre EDM.

BACA JUGA :  45 Menit Yang Mencengangkan.

Akhirnya Dj Stroo meramu ulang sample music, termasuk menyesuaikan dengan notasi vocal Imel.

Di lagu ini, walaupun tampil dengan nuansa EDM, DJ Stroo tidak mengubah karakter band Ten2Five, selain menyesuaikan dengan karakter lagu yang di garapnya.

Bahkan memberi kebebasan
bagi seluruh personil band yang sudah aktif sejak tahun 2004 ini, untuk memberi masukan dan berkontribusi.

Imel memberi revisi pada lirik dan masukan pada caranya menyanyikan lagu ini, termasuk usulan nuansa sound. Sedangkan personil lainnya, juga memberikan isian instrument
seperti presepsi mereka secara pribadi, dengan sedikit arahan dari DJ Stroo.

Bahkan proses take vocal dan instrument, di lakukan di studio pribadi Ten2Five tanpa melibatkan Dj Stroo secara langsung. Apalagi di masa Pandemi ini, pertemuan keduanya memang terhitung minim, dan lebih banyak berkomunikasi melalui aplikasi Whatsapp.

Menurut Imel, kolaborasi dengan Dj Stroo menjadi new experience bagi perjalanan Ten2Five.

“Bagi saya pribadi, kolaborasi dengan DJ bukan hal yang pertama kali. Tapi Bersama Ten2Five hal ini menjadi pengalaman baru. Apalagi kami bisa terlibat secara total saat produksi. Baik memberi usulan sound, atau di beri kebebasan saat proses recording. Hal yang menjadi sesuatu yang baru pada perjalanan karir kami.” kata Imel, yang juga memberi usulan image atau oufit saat proses pemotretan cover.

Sedangkan munurut Ardhy (gitaris), memainkan musik cross genre di single ini adalah hal yang baru. “Biasanya kita memainkan lagu yang kuat dengan nuansa akustik, kini kita berkolaborasi dengan musik yang justru bernuansa electronic. Hal ini seperti memberi energi baru, yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.”

“Ain’t A Love Song” berkisah tentang seseorang yang mencitai orang terdekatnya, akan tetapi rasa cintanya tidak pernah di tanggapi secara serius, walaupun sudah melakukan banyak hal untuk membuktikan rasa cintanya tersebut. Lagu EDM yang juga menampilkan nuansa band (analog)
dengan retro vibes yang lebih kentara pada pilihan sound dan aransemen. Yang justru menurut Dj Stroo, karakter aransemen tersebut bukanlah kesengajaan.

BACA JUGA :  Target 6 Juta Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Belum Tercapai.

“Rencananya aku ingin menampilkan karakter sound yang benar-benar kekinian, akan tetapi saat membuat sample lagu, aku mengambil sound dan karakter aransemen seadanya, karena di kejar waktu. Awalnya hanya untuk demo saja, akan tetapi justru karakter sound seadanya yang cenderung retro ini malah di suka oleh seluruh personil Ten2Five. Akhirnya aku lebih banyak lagi mengeksplorasi sound retro, dan justru membuat lagu ini terdengar lebih unik.” Ungkap Dj Stroo.

Nuansa retro tidak hanya pada sisi aransemen, karakter sound dan image cover, akan tetapi juga pada videoclip.

Di sutradarai sendiri oleh Dj Stroo, videoclip “Ain’t A Love Song” menampilkan permainan tradisional berupa prahu klotok yang menggunakan bahan bakar minyak kelapa. Dj Stroo merasa mainan anak-anak yang di gemari di era 80-an hinga awal 90-an ini seperti tersingkirkan oleh mainan layar sentuh dari perangkat gawai, beberapa tahun terakhir. Di videoclip ini, Dj Stroo berharap bisa mengingatkan bahwa anak-anak Indonesia pernah memiliki permainan seru dan menarik, dengan atifitas outdoor sebelum terimbas teknologi gawai.

Di bawah label pribadi Dj Stroo, AudioProjects, lagu ini sudah bisa di dengarkan di semua media music streaming. Lagu ini juga akan di rilis dengan beberapa versi, dan rencananya akan dimasukkan di debut album Dj Stroo, yang akan di rilis pada tahun ini juga. “Ain’t A Love Song” diharapkan bisa di terima oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia, karena di distribusikan secara internasional. Lagu ini juga sudah mulai di promosikan pada pertengahan Maret 2021 ini. (Bb-69).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *