Sajikan Beragam Webinar Inspiratif, Salah Satu Cara BCA Mendampingi Pelaku UMKM

Jakarta, Suara Merdeka.Com.– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai satuan sistem keuangan nasional terus berupaya memberikan nilai tambah bagi Indonesia, khususnya dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Masih dalam rangkaian BCA Expoversary Online 2021, BCA mengadakan sejumlah webinar inspiratif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satu webinar yang dilaksanakan adalah “Pembiayaan UMKM oleh Fintech dimasa Pandemi” di mana audience dibekali agar makin jeli dalam mengajukan pembiayaan. Merujuk data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, sepanjang Mei-Juni 2020 yang merupakan fase awal Pandemi, terdapat peningkatan jumlah pelaku UMKM yang merambah ke bisnis online.

Bertindak sebagai pembicara Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan. Iwan mengatakan penggunaan layanan digital di Indonesia meningkat di masa Pandemi. “Lebih banyak konsumen menggunakan layanan e-commerce untuk membeli kebutuhan sehari-hari, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan di masa pre-covid.” Setidaknya ada lima besar layanan digital yang sering digunakan selama Pandemi, yaitu e-commerce, e-wallet, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Dalam upaya pengembangan UMKM, BCA telah memberikan sejumlah pendampingan secara virtual seperti webinar ini. Selain itu juga penyaluran kredit bagi pelaku bisnis UMKM juga terus dilakukan terlebih di masa pandemi COVID-19. Per Desember 2020, BCA telah menyalurkan kredit sejumlah Rp77,17 triliun kepada pelaku UMKM.

Selain menyalurkan kredit dan memberikan pembinaan kepada UMKM, BCA juga bekerja sama dengan fintech peer-to-peer lending (P2P) yaitu Modalku sejak tahun 2019. Kerja sama ini telah membantu BCA dalam memberikan kemudahan akses pinjaman kepada berbagai pelaku UMKM yang belum terjangkau dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang.

Sinergi yang dilakukan antara perbankan dan fintech merupakan bentuk kolaborasi harmonis yang diyakini dapat membantu kebangkitan UMKM. Penyaluran kredit modal menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan oleh UMKM dalam berjuang melawan pandemi. Maka dari itu, perlu adanya kemudahan penyaluran ini melalui berbagai platform yang memadai.

BACA JUGA :  INDOMARET dan Nestlé BATITA Bersama Pemerintah Kota Jakarta Timur Hadirkan Kampung Tangguh Untuk Mendukung Anak Menjadi Anak Tangguh

“Harapannya dengan adanya webinar seperti ini dapat membantu siapa pun yang ingin memulai usaha mereka dan membuka kesempatan baru bagi fintech yang ingin berkolaborasi membantu UMKM. Semoga di tahun ke-64 BCA dapat terus menyalurkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi bagi seluruh UMKM di Indonesia,” tutup Petrus Karim, Ketua Panitia BCA Expoversary Online 2021.

Rangkaian Webinar Inspiratif BCA Expoversary Online 2021 – Masih dalam rangkaian BCA Expoversary Online 2021, BCA mengadakan sejumlah webinar inspiratif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu webinar yang dilaksanakan adalah “Pembiayaan UMKM oleh Fintech dimasa Pandemi” di mana audience dibekali agar makin jeli dalam mengajukan pembiayaan. Webinar kali ini dibawakan oleh Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan (kiri).(budi nugraha/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *