Menikmati Kenyamanan Bus Sambil Mengagumi Keindahan Lintas Barat Sumatra

Suara Merdeka.Com.- Jalur lintas barat Sumatra ibarat surga yang tersembunyi karena menyuguhkan keindahan alam berupa pantai berpasir putih yang menyejukan mata siapa saja yang melintasinya. Namun ruas jalan antara Kota Agung dan Krui banyak ditemui pendakian dengan tikungan tajam, sementara di kiri kanan terdapat hutan lebat dengan aneka flora dan fauna yang menyejukkan mata.
Perjalanan #PerpalzGoestoSumatra mulai bergeser ke provinsi Bengkulu, setelah menyambangi sejumlah perusahaan otobus (PO) di Lampung dan Palembang. Dari Kota Bandar Lampung, perjalanan menyusuri Lintas Barat Sumatra diawali dari ruas jalan Kota Agung-Krui yang melintas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sejauh sekitar 150 km.
Secara umum, jalur trans Lintas Barat Sumatra yang membentang dari Kota Agung menyusuri Krui sampai dengan Bengkulu, didominasi oleh jalur berkelok-kelok. Sulit untuk menemukan jalan yang membentang lurus sepanjang lebih dari sepuluh kilometer. Kondisi infrastruktur jalan saat ini sudah lebih baik ketimbang beberapa tahun yang lalu.
Kehandalan bus Mercedez-Benz OC500 RF 2542 milik PO SAN yang dinaiki rombongan tim Perpalz TV dalam Sumatra Roadshow telah teruji mampu menyusuri ruas jalan Lintas Barat Sumatra dengan aman dan nyaman. Hal ini didukung pelumas yang digunakan dari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia untuk memperkuat performa maksimal bus melalui pelumas yang berkualitas dan melindungi mesin untuk pemakaian yang lama. Juga karoseri yang handal dari Laksana.
“Sengaja kami melintas melalui jalur Lintas Barat ini, karena jalur Lintas Barat ini sudah punya infrastruktur jalan yang lebih baik dan punya panorama alam yang sangat luar biasa keindahannya. Melintasi jalur ini kita bakal disuguhkan dengan keindahan bibir-bibir pantai yang mengarah langsung ke Samudera Hindia. Tak cuma itu, panorama alam hutan yang hijau terlihat segar dipandang mata,” kata Kurnia Lesani Adnan yang juga merupakan Direktur Utama PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) yang juga host dan founder Perpalz TV saat perjalanan, Selasa (23/3).

BACA JUGA :  itel Resmi Masuk Pasar Indonesia dan Luncurkan Smartphone Vision1 Series  


Sementara itu Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, yang ikut dalam perjalanan #PerpalzGoestoSumatra TV ini, juga mengakui keindaham alam jalur Lintas Barat Sumatra.
“Untuk jalur Lintas Barat Sumatra ini sangat luar biasa. Pemandangannya indah dan trek jalannya mulus,” kata Anthony. Hanya saja Anthony mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi para pengendara di jalur ini. “Ada titik jalan yang jelek, kurang penerangan, dan saat jalan turunan tidak tersedia jalur darurat. Menurut saya, sebaiknya ada guard rail untuk antisipasi. Tapi over all cakeplah jalurnya,” ujar Anthony.
Jalur Lintas Barat Sumatra tersebut ibarat surga yang tersembunyi karena menyuguhkan keindahan alam berupa pantai berpasir putih yang menyejukan mata siapa saja yang melintasinya. Banyak pengendara kendaraan pribadi akan tergoda untuk menepi dan menikmati deburan ombak di pantai, terutama saat matahari akan tenggelam dan memancarkan cahaya keemasan.
Pengguna jalan yang melintas jalur tersebut, sebenarnya bisa singgah untuk melepas lelah dan bermalam sambil menikmati keindahan panorama pantai. Sekitar 17 km sebelah utara Krui, terdapat sebuah tempat yang tidak kalah indah, yaitu pantai Tembakak yang berhadapan langsung dengan pulau Pisang, hanya berjarak sekitar 1 km dari bibir pantai.
Pada bulan April sampai September, yaitu saat yang tepat untuk bermain surfing, pada saat itulah kawasan pantai tersebut kedatangan banyak turis dari berbagai negara. ##

Tentang PerpalZ TV
PerpalZ TV sebuah channel YouTube yang membahas khusus dunia otomotif dan transportasi darat di Indonesia. Mengulik sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat otobus Indonesia. PerpalZ TV telah membuat berbagai konten Youtube untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait perkembangan industri transportasi darat di Indonesia, khususnya dunia Otobus.
Sejak diluncurkan video pertamanya pada 23 Juli 2020, PerpalZ TV telah mendapatkan 50 ribu subscriber, 4,6 juta views, memproduksi lebih dari 40 video, meraih penonton dari berbagai belahan dunia seperti Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Brunei dan berbagai negara lainnya.(budi nugraha/69)

BACA JUGA :  Mulai Layani Rute Khusus Kargo Denpasar-Hongkong, Garuda Indonesia Angkut 30 Ton Komoditi Ekspor Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *