Lenin Dihidupkan Iswargia.

The Russian Connections. (SM/Ist).

Jonathan Kuo dan Jakarta Sinfonietta, Gelar Konser Daring : The Russian Connections.

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com
Pandemi yang telah setahun menghantam dunia, tidak menyurutkan semangat Jonathan Kuo dalam berkarya.

Sebagai pianis klasik cum salah satu Young Steinway Artist dari Indonesia, Jonathan Kuo bersama Jakarta Sinfonietta, dibawah pimpinan Iswargia R Sudarno akan menggelar konser The Russian Connections.

Konser yang menurut rencana akan ditayangkan secara online streaming, ini akan diselenggarakan Sabtu (10 April) mulai pukul 19.30 WIB dan Minggu (11 April) pukul 16.00 WIB).

Sedangkan tiket konser ‘The Russian Connections’ sudah bisa didapatkan via loket.com.

Bagi Jo — sapaan akrab Jonathan–, tampil dihadapan penikmat musik klasik sangat dirindukannya. Meski terkendala protokol kesehatan yang ketat, memaksa Jo tetap berkarya dan berbagi keindahan musik klasik via live streaming.

Terhitung sudah empat kali, Jo menggelar resital online. Tiga diantaranya bersama Jakarta Conservatory of Music (JCoM) serta House of Piano (part of Steinway and Sons Indonesia).

Menurut dia, pengalaman menggelar konser offline dan online adalah berbeda.

“Ada perbedaan antara pertunjukan online dan tampil di hadapan penikmat musik klasik secara langsung,” katanya dalam Zoom Meeting di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Dia menambahkan, biasanya dia bisa berinteraksi langsung dengan penonton dan sesama pemain. Tapi hal itu, tidak terjadi secara online.

“Semoga konser online nanti bisa dinikmati oleh semuanya,” sambungnya.

Ada tiga karya yang akan dibawakan dalam konser The Russian Connections.

Pertama, Konserto untuk piano dan orkestra dalam A Mayor, KV 488 – Wolfgang Amadeus Mozart (1756 – 1791). Kedua, Simfoni dalam C- Igor Stravinsky (1882 – 1971). Ketiga, Konserto untuk piano dan orkestra dalam C Minor, Op 18 – Sergei Rachmaninoff (1873 – 1943).

Untuk karya Mozart dan Sergei Rachmaninoff, menurut Iswargia, akan dibawakan Jo dan orkes. Sedangkan untuk karya Igor Stravinsky akan dibawakan oleh orkes saja.

Rangkaian program ini menggambarkan secara singkat dan padat apa yang terjadi dalam permusikan di Rusia satu abad lalu.

BACA JUGA :  Mengagumkan, Gedung Asrama Putri UIII Garapan Hutama Karya Setara Hotel Bintang Lima

Sebagai alasan mengapa konserto piano karya Mozart dibawakan dalam program yang bertema musik Rusia.

Menurut, Iswargia mengatakan karya ini, bahkan mendampingi dan mengiringi Stalin di tempat tidurnya ketika sedang menjelang ajalnya.

“Ini menunjukan bahwa tradisi musik Eropa Barat sangat mempengaruhi perkembangan musik di Rusia,” jelasnya.

Karya lain yang dibawakan Jonathan Kuo bersama Jakarta Sinfonietta adalah salah satu konserto piano yang paling populer dan disukai oleh pencinta musik klasik di seluruh dunia, yaitu Konserto Piano No. 2 dalam C Minor karya Rachmaninoff.

Karya ini, sepenceritaan Iswargia, dapat dikatakan sebagai karya Rachmaninoff yang paling berhasil dan paling diminati orang sepanjang masa.

Ditulis setelah masalah depresi berat yang dialami Rachmaninoff atas kegagalannya dalam penulisan Simfoni No.1.

“Konserto piano ini didedikasikan untuk psikiaternya, Dr. Nicolai Dahl, yang berhasil menyembuhkan, bahkan akhirnya memberikan kesuksesan yang gemilang bagi Rachmaninoff,” tambahnya.

Di antara kedua konserto piano tersebut, Jakarta Sinfonietta akan memainkan Simfoni karya Stravinsky, seorang komponis Rusia yang walaupun hidup semasa dengan Rachmaninoff memiliki bahasa dan pemahaman musik yang saling bertolak belakang.

Iswargia menambahkan bahwa Konser adalah kegiatan kebudayaan yang harus selalu ada supaya cita rasa dan sensitivitas.

“Kita sebagai masyarakat selalu terjaga. Harapannya dengan menggelar konser online, bisa menjaga apresiasi masyarakat terhadap karya musik,” katanya.

Dia menambahkan, konser ini diharapkan dapat menjaga agar para musisi tidak kehilangan keterampilan, kreativitas dan mentalitas dalam bermusik.

“Karena konser sejatinya berbeda dengan latihan musik biasa,” pungkas Iswargia. (Bb-69).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *