Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Bangka Belitung Diresmikan

BANGKA- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan meresmikan Rumah Sakit (RS) COVID-19 RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Kabupaten Bangka, Kamis (18/03/2021).

Doni Monardo mengatakan bahwa pembangunan RS rujukan COVID-19 tersebut kedepannya diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Bangka Belitung yang terpapar COVID-19. “Rumah Sakit ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terpapar COVID-19,” ujarnya.

Rumah sakit yang dibangun menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB itu memiliki luas lahan kurang lebih 1,05 hektare dengan kapasitas 100 tempat tidur masing-masing 25 untuk ICU dan 75 untuk perawatan isolasi.

Proses pembangunan RS ini memakan waktu 45 hari dan dilakukan melalui upaya kolaboratif antar kementerian/lembaga, mulai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang didelegasikan kepada Kementerian Kesehatan dan beberapa BUMN terkait. “Ini kolaborasi dan sudah menjadi program nasional di mana penanganan kedaruratan itu tidak bisa berdiri sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Doni menjelaskan, seluruh proses pengembangan RS mulai perencanaan juga melibatkan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sampai dengan operasionalnya sehingga seluruh proses dapat dilakukan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita harapkan seluruh proses ini berjalan dengan baik, setiap sen uang negara yang dikeluarkan harus bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kudus Komitmen Turunkan Angka Stunting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *