Kemendikbud Targetkan 895 SMK Ikuti Program SMK Pusat Keunggulan

Dirjen Diksi Kemendikbud, Wikan Sakarinto (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Pada tahap awal, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan 895 sekolah menengah kejuruan (SMK) akan mengikuti program SMK Pusat Keunggulan. Tujuan dari program ini adalah SMK yang sudah berhasil bisa menularkan keunggulan mereka ke sekolah-sekolah lainnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud, Wikan Sakarinto menerangkan, program ini pada dasarnya adalah menunggu giliran setiap SMK untuk menjadi lebih unggul.

“Jadi tidak mungkin 14 ribu langsung. Lebih kepada giliran saja. Intinya nanti ketika 895 awal ini mencapai link and match yang baik kemudian penguatan sarpras alat yang baik, maka memang sudah sebaiknya mereka mengimbaskan dan menjadi trainer SMK lain,” terangnya.

Pada tahun 2021, Kemendikbud akan memberikan dana bantuan fisik Rp 1,4 miliar hingga Rp 4 miliar kepada peserta program SMK Pusat Keunggulan. “Bagi SMK yang baru ikut tahun ini, dana tersebut digunakan untuk membenahi sekolah secara keseluruhan dari segi sarana prasarana,” tuturnya.

Sedangkan yang sudah mengikuti program ini tahun lalu, mendapatkan dana sebesar Rp 200 juta digunakan untuk penuntasan dan penguatan link and match. “Tapi urutannya adalah sumber daya manusia (SDM) dulu dibenahi, baru kemudian kita akan memastikan delivery pendanaan fisik itu,” bebernya.

Terkait program peningkatan SDM di SMK seperti guru dan kepala sekolah, bisa dilakukan dengan bantuan perusahaan mitra. Sebenarnya, lanjut Wikan, sebagian besar cara berpikir guru dan kepala SMK di Indonesia sudah cukup terbuka dan sedikit lagi siap untuk memberikan dampak yang baik kepada sekolah lain.

Pelatihan itu tidak akan terlalu lama. Upskilling tidak akan terlalu lama, tapi lebih kepada bagaimana mereka mengembangkan penuntasan atau melakukan tugas-tugas berikutnya untuk membantu SMK yang lain,” jelasnya. (nya/69)

BACA JUGA :  Kasespim Polri Berikann Pembekalan   Kepada Pasis  Dikreg SESKOAL ANGKATAN KE 58 TA. 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *