Dukungan Moral Pada Bupati Pesisir Selatan Wajar.

Saiful Anam. (SM/Ist).

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com
Pengamat Politik dan Hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam mengatakan, sebagai dukungan moral pada Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, unjuk rasa yang dilakukan ribuan warga masyarakat Pesisir Selatan pada Rabu (17/3/2021) siang, dia nilai sah-sah saja.

Namun aparat penegak hukum, dalam hal ini Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan tidak bisa didesak untuk tidak melakukan tugas dan kewajibannya sebagai penegak hukum.

“Saya kira Kejari Pesisir Selatan justru semakin didesak maka ia semakin tertantang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai ekskutor terhadap putusan yang berkekuatan hukum tetap, ” kata Saiful Anam di Jakarta, Rabu (17/3/2021) malam.

Anam melanjutkan, kasus ini semakin di pressure dengan unjuk rasa, maka akan menjadi konsumsi publik secara luas. “Bukan hanya menjadi isu lokal, ini sudah isu nasional, sehingga semakin ditekan semakin sulit bagi Kejari untuk tidak segera mengekskusi Bupati Rusma Yul Anwar,” imbuh dia.

Selain itu, katanya lagi, sudah menjadi kewajiban Jaksa untuk melakukan tugas dan wewenangnya melakukan ekskusi. Kalau hal ini sampai didengar oleh Jaksa Agung, “Maka jabatan menjadi taruhan, ” tambahnya.

Menurut Anam, Kejari tidak akan gentar dengan adanya desakan-desakan, cepat atau lambat sesuai wewenangnya ia akan melakukan ekakusi terhadap putusan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht), termasuk kepada Bupati Yul Anwar. (Bb-69)

BACA JUGA :  'Echo Wind' Datang dan Memberi Arti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *