Dirjen Dikti : Jangan Ada Mata Rantai yang Terputus antara Perguruan Tinggi dan Industri

Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam (SMJkt/Ist)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam menyampaikan bahwa saat ini Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0 di mana teknologi digital akan menjadi bagian penting dalam setiap produksi di industri. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi Indonesia saat ini yang menempati lima besar dunia negara dengan start up terbanyak, di atas Prancis, Australia, dan negara-negara di Asia Tenggara.

“Jangan sampai ada mata rantai yang terputus antara perguruan tinggi dan industri,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hal ini, sebagai upaya meningkatkan kolaborasi dengan seluruh aspek pentahelix untuk akselerasi ekosistem reka cipta melalui Kedaireka.

Untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya diperlukan riset dan teknologi sehingga tujuan dapat tercapai. Karena bagaimanapun pusat ilmu pengetahuan dan teknologi itu berada di perguruan tinggi.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan bahwa Kementerian Perikanan dan Kelautan telah melakukan komunikasi kepada beberapa perguruan tinggi karena perguruan tinggi merupakan pusat dari riset dan anak muda millennial yang menghasilkan kultur baru.

“Kultur baru anak milenial adalah start up“, ungkap Trenggono.

Saat ini, lanjut Trenggono, start up menjadi tren pada sisi digital karena mampu menjaring pada bisnis fundamental, contohnya bisnis udang yang memiliki kualitas lebih baik karena teknologi dilibatkan dalam menghasilkan suatu produk dengan menyeleksi produk tersebut

Ia mengajak seluruh pemangku kepentingan di perguruan tinggi untuk dapat melaksanakan penelitian yang mendalam terkait berbagai tantangan dan peluang potensi sumber daya kelautan dan perikanan.

“Perguruan tinggi juga harus mengoptimalkan hasil riset dan mengimplementasikannya, sehingga memberikan kebermanfaatan yang luas untuk masyarakat,” pungkasnya

BACA JUGA :  Bagikan Gawai Gratis, Gibran Minta Siswa Tetap Semangat Belajar

Diharapkan kedepan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud dan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membuat Indonesia semakin unggul di bidang kelautan dan perikanan. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *