Sumatera Roadshow With PerpalZ TV Kelangkaan Solar di Lintas Sumatera Jadi Kendala Para Pengemudi Bus

Palembang, Suara Merdeka.Com.- Di hari pertama Sumatera Roadshow dengan tajuk #PerpalzTVGoesToSumatera langsung menemukan sejumlah tantangan seperti keterbatasan persediaan bahan bakar solar untuk bus, juga karakter jalan yang bergelombang meski jalan diaspal mulus. Beruntungnya, bus yang digunakan dari PO SAN yang sudah dimodifikasi bisa meminimalisir guncangan yang ditimbulkan dari jalan yang tidak rata tersebut.
“Kita bisa lihat sendiri dalam perjalanan ini, sulit sekali kita menemukan bahan bakar solar untuk bus. Jelas ini sangat menyulitkan bagi pengemudi bus dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam perjalanannya. Kami sangat menghargai segala infrastruktur yang telah tersedia, tetapi soal bahan bakar ini sangat penting sekali. Kami sangat memohon kepada seluruh instansi terkait untuk kembali memperhatikan permasalahan ini,” jelas Host dan Founder PerpalZ TV Kurnia Lesani Adnan dalam perjalanan Sumatera Roadshow, Selasa (16/3).
Sumatera Roadshow, jelajah Sumatera oleh PerpalZ TV resmi digelar. Senin (15/3/2021), rombongan dari Pulomas, Jakarta Timur, bertolak pukul 03:00 WIB dan langsung menuju ke Pelabuhan Merak, untuk menuju Palembang. Dalam perjalanan ini, rombongan menggunakan bus Mercedes-Benz OC500 RF 2542 dari PO SAN dan menyeberang lewat pelabuhan Merak, Banten.
Perjalanan yang dipimpin oleh Kurnia Lesani Adnan yang juga Presiden Direktur PO SAN dan Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), menghadapi sejumlah kendala. Dalam bincangnya, pria yang akrab disapa Sani ini menjelaskan bahwa keterbatasan bahan bakar diesel (solar) yang menjadi kebutuhan bagi bus yang ingin melakukan pengisian bahan bakar menjadi kendala utama. Begitu juga sarana dan prasarana yang ada di Rest Area Tol Sumatera belum berjalan dengan baik. 
Dalam perjalanan di Tol Lintas Sumatera ini, untuk karakter jalan yang dilintasi juga tidak begitu baik. Di beberapa sektor yang masih banyak jalan belum baik dan jalan bergelombang. Beruntungnya, bus PO SAN yang digunakan sudah dimodifikasi sehingga bisa meminimalisir guncangan yang ditimbulkan dari jalan yang tidak rata tersebut.

BACA JUGA :  Respons Unilever Indonesia Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi

Kunjungan PO
Sesuai dengan salah satu tujuan dari Sumatera Roadshow With PerpalZ TV ini, adalah bertemu dengan PO Bus di kota yang disinggahi. Sampai di Palembang, Sumatera Selatan, tim Perpalz TV mengunjungi PO EPA Star yang dimiliki oleh Haji Afrinaldy. Dalam bincang bersama Sani, beliau terlihat antusias menerima kunjungan dari tim Perpalz TV.
Senada dengan Kurnia Lesani Adnan yang menjumpai sulitnya menemukan BBM di tol lintas Sumatera, Afrinaldy juga sangat menyayangkan kondisi ini.
“Ya seperti itulah, apalagi di lintas timur lebih sulit lagi. Kadang pengemudi kami terpaksa bawa BBM cadangan di jerigen. Kami berharaplah pemerintah lebih peduli lagi. Jangan hanya jalannya saja yang diperindah tetapi bahan bakar juga harus dicukupi. Saya menduga BBM ini di pasok ke perkebunan sehingga sulit ditemukan di SPBU,” papar Afrinaldy. 
Di kunjungan berikutnya, tim PerpalZ TV bertemu dengan PO Gumarang Jaya di Lampung. Yulianto, Direktur PT. Gumarang Jaya Bersama juga mengalami kesulitan mendapatkan BBM. “Di beberapa titik memang sangat sulit untuk mendapatkan BBM diesel bersubsidi. Tak jarang kru kami harus membekali bus dengan BBM cadangan dalam jerigen. Bisa 40-60 liter BBM yang kami bawa sebagai cadangan. Kami mohon kepada instansi terkait untuk lebih memperhatikan kembali ketersediaan BBM untuk lintas Sumatera, agar transportasi darat dengan bus ini juga semakin terus digemari masyarakat,” kata Yulianto.
Mengenai kegiatan roadshow, Afrinaldy menyambut sangat baik dengan perjalanan dan kreativitas tim Perpalz TV karena dapat lebih memasyarakatkan bus sebagai kendaraan umum yang nyaman untuk berpergian serta menepis stigma negatif terhadap bus itu sendiri.
“Senang sekali kami bisa didatangi oleh Perpalz TV, ini merupakan sebuah terobosan yang sangat baik. Di mana, melalui sarana seperti ini masyarakat bisa lebih mengenal perusahaan-perusahaan otobus apa saja yang ada di Indonesia. Selain itu, ini jadi edukasi yang baik buat kami sesama pengusaha bus,” pungkas Afrinaldy. ##

BACA JUGA :  JD.ID Jadi Mitra Eksklusif Xiaomi Dalam Peluncuran POCO F3 5G, Smartphone “Terkuat” Untuk Seri POCO

Tentang PerpalZ TV
PerpalZ TV sebuah channel YouTube yang membahas khusus dunia otomotif dan transportasi darat di Indonesia. Mengulik sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat otobus Indonesia. PerpalZ TV telah membuat berbagai konten Youtube untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait perkembangan industri transportasi darat di Indonesia, khususnya dunia Otobus.
Sejak diluncurkan video pertamanya pada 23 Juli 2020, PerpalZ TV telah mendapatkan 50 ribu subscriber, 4,6 juta views, memproduksi lebih dari 40 video, meraih penonton dari berbagai belahan dunia seperti Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Brunei dan berbagai negara lainnya.(budi nugraha/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *