Bangun Kepercayaan Diri para Siswi, Peran Guru Perempuan Sangat Berpengaruh

SMJkt/Prajtna Lydiasari

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Peran guru dan kepala sekolah perempuan sangat berpengaruh untuk menjadi panutan siswi dalam membangun kepercayaan diri. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dalam webinar internasional bertajuk The Power of Unreasonable Women yang diselenggarakan secara virtual, kemarin.

Contohnya, lanjut Mendikbud, seperti bagaimana mereka menunjukkan cara berbicara dan transformasi kepemimpinan terhadap rekannya yang laki-laki.

“Itu salah satu cara yang paling efektif yang membuat perempuan percaya diri dengan menunjukkan pemikiran independen, serta imajinasi tak terbatas tentang apa yang dicapai perempuan,” ujarnya.

Mendikbud menilai hanya dengan memasukkan unsur kesetaraan gender dalam kurikulum pendidikan berupa buku teks tidak akan cukup untuk membuat sebuah transformasi. Oleh karena itu, inovasi dari guru maupun kepala sekolah perempuan justru dapat membuat murid dapat mencontohnya.

“Dengan cara itu dapat mendorong murid perempuan menjadi lebih ambisius dan dapat keluar dari pandangan tradisional, sehingga kesenjangan gender bisa ditutup segera,” harapannya. (nya/69)

BACA JUGA :  Mulai Tahun Ini, Dana BOS Reguler Antar Daerah Tidak Lagi Sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *