Rektor UGM Prof.Ir Panut Mulyono; Sambutan Masyarakat Pada GeNose C19 Luar Biasa.

Rektor UGM Prof.Ir Panut Mulyono saat melakukan ‘Serangan Oemoem 1 Maret’, atau kick off (pelepasan) unit GeNose C19. (SM/BB).

YOGYAKARTA, Suaramerdekajkt.comRektor UGM Prof.Ir Panut Mulyono secara resmi melakukan ‘Serangan Oemoem 1 Maret’, atau kick off (pelepasan) unit GeNose C19 dari UGM kepada distributor di UGM Science Techno Park, Kalasan, DIY.

Sebanyak 2021 unit GeNose C19, sebagai alat buatan Universitas Gadjah Mada untuk mendeteksi Covid-19 via hembusan napas, secara resmi dilepas kepada para pemesan.

Menurut Prof.Ir Panut Mulyono dalam periode awal, persoalan teknis penggunaan GeNose C19 akan terus di-update oleh konsorsium pembuat GeNose, sesuai standar pemeriksaan Covid-19.

“Para ilmuwan pada prinsipnya terus mencari cara, bagaimana memenuhi kebutuhan masyarakat. Persoalan yang timbul adalah, apakah masyarakat mau memanfaatkan temuan itu. Sebab, biaya untuk mengiklankan barang itu sangat besar. Tapi GeNose C19 beda, karena ditemukan saat masyarakat membutuhkan alat ini. Jadi ini sesuatu yang sangat luar biasa,” kata Prof.Ir Panut Mulyono di UGM Science Techno Park, Kalasan, DIY, Senin (1/3/2021).

Rektor UGM Prof.Ir Panut Mulyono dan dr Mochamad Isnaeni (kiri). (SM/BB).

Harapannya, dia menambahkan, GeNose dapat membantu pemerintah memulihkan kondisi kesehatan dan ekonomi negara secara bersamaan. Karena alat uji ini, menurut dia, dapat memetakan orang yang terinfeksi Covid-19, dan orang yang tidak terinfeksi dalam waktu singkat.

“Karena ini alat baru yang tadinya belum ada di pasaran, akan banyak pertanyaan dan gangguan, dalam penggunaannya. Untuk mengatasi hal ini, kita akan merespon persoalan itu, dengan cepat. Karena sehebat apapun produk yang kita jual, jika aftersale-nya buruk, akan mengurangi kepercayaan publik,” katanya lebih lanjut sembari mengajak masyarakat turut menjadi bagian aktif menjadikan Indonesia menjadi negara adidaya teknologi, dan adidaya ekonomi. (Bb-69).

BACA JUGA :  MUI Sikapi SKB Tiga Menteri Soal Seragam Sekolah 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *