Pentingnya Pemajuan Literasi Lewat Perpustakaan sebagai Sumber Belajar

SMJkt/Ist

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Perkembangan internet dan teknologi digital telah mengubah cara orang belajar. Sumber pembelajaran tidak lagi statis dan langka, tetapi beradaptasi dan tersedia secara luas sehingga memungkinkan lembaga pendidikan, guru, dan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pertukaran pengetahuan global melalui sumber pembelajaran terbuka atau Open Educational Resources (OER).

Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani menekankan pentingnya pemajuan literasi lewat perpustakaan sebagai sumber belajar. Sebab, ada beberapa kemampuan dasar yang dilibatkan, yakni membaca, menulis, dan menghitung yang penting bagi manusia untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.

“Rendahnya hasil PISA dan indeks minat baca Indonesia yang kemudian direspons oleh SEAQIL dengan menggagas Klub Literasi Sekolah (KLS),” ujar Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani baru-baru ini.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Didi Sukyadi meyakini bahwa perpustakaan di masa depan tidak akan memiliki rak buku, tetapi lebih banyak menyediakan perangkat digital yang mudah diakses.

“Inilah perkembangan pembelajaran terbuka. Saya harap, UPI terus bersinergi menunjang misi SEAMEO Centre Indonesia, khususnya terkait potensi sumber daya pembelajaran terbuka melalui pemanfaatan perpustakaan,” harap Didi.

Dalam era Revolusi Industri 4.0, disampaikan Direktur SEAMEO CECCEP, Dwi Priyono bahwa dibutuhkan inovasi, otomasi, dan transformasi informasi di mana banyak pekerjaan dilakukan dengan berbasis internet.

“Kami berkomitmen menjadi hub atau penghubung dalam mengumpulkan dan menyalurkan sejumlah hasil pengembangan dan penelitian serta praktik baik di bidang PAUD dan parenting yang dapat dimanfaatkan banyak pihak,” kata Dwi Priyono.

Pendidik, orang tua, pemerhati PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya dapat memanfaatkan model, dan jurnal/hasil penelitian serta modul pembelajaran yang dapat diakses di laman www.seameo-ceccep.org. (nya/69)

BACA JUGA :  Acer for Education dan Jelajah Ilmu Tawarkan Solusi Komprehensif yang Mendukung Transformasi Digital Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *