KNKT Berharap semua daerah meniru UP Pengujian Kendaraan Bermotor Cilincing

Jakarta,Suara Merdeka.Com. – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berharap seluruh daerah dapat mencontoh dan melakukan pengujian kendaraan bermotor seperti UP Pengujian Kendaraan Bermotor Cilincing yang dikelola Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

“Saya apresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang telah menjadi pelopor keselamatan dalam mengimplementasikan program keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan untuk menuju zero accident,” demikian diungkapkan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam Media Gathering dengan tema “Pengujian Kendaraan Bermotor yang Efektif dan Efisien untuk Menurunkan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan” di Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (25/2/2021).

Menurut Soerjanto, DKI jakarta telah memberikan pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang sesuai standar dan memiliki sarana dan peralatan uji yang telah terintegrasi dengan sistem informasi dan teknologi (IT), “kita harus selalu mengikuti perkembangan teknologi karena kedepan kemajuan teknologi dalam industri transportasi memberi tantangan tersendiri diantaranya dengan mulai digunakannya kendaraan listrik, kendaraan tanpa pengemudi (autonomous), yang membutuhkan keahlian baru dalam pengujian kendaraan agar susuai standar keamanan dan keselamatan,” tuturnya.

Soerjanto menjelaskan, dalam pengujian kendaraan yang paling mendasar adalah dengan pengujian tekanan angin pada ban. Meski pemeriksaan tersebut sederhana, namun menunjukkan kondisi suatu kendaraan apakah laik atau tidak untuk dioperasikan lebih lanjut. Pemeriksaan kolong kendaraan juga salah satu item penting pada saat pemeriksaan atau uji KIR.

“Tekanan angin juga dapat diketahui saat pengereman. Bila terdengar desis saat ditekan, maka menandai kondisi sistem rem yang kurang baik,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan terus melakukan update kemampuan SDM penguji pada Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di wilayah jakarta dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas angkutan jalan dan kelestarian lingkungan.

BACA JUGA :  TOSCA (Toyota Sienta Community Indonesia) Berbagi di Bulan Suci Ramadhan

“Kita telah berkolaborasi dengan swasta dan sejumlah produsen otomotif di Jakarta untuk memberikan pelatihan dan training dalam melakukan transfer knowledge kepada SDM penguji tanpa dipungut biaya, biasanya mereka belajar mengenai teknis sederhana seperti sistem pengereman dan sistem pendukung keselamatan pada kendaraan,” tegasnya.

Menurut Syafrin, pihaknya juga telah bekerja sama dengan KNKT untuk memberikan pelatihan secara rutin kepada sdm penguji kendaraan bermotor agar mampu bertugas sesuai dengan standar keamanan dan peningkatan keselamatan.

Kepala UP PKB Cilncing Christianto menjelaskan, kami terus berupaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan wawasan para penguji dengan berbagai pelatihan, training, sarana dan prasarana pengujian, sosialisasi kepada masyarakat. Proses pengujian yang dilakukan diantaranya pengujian administrasi, pemeriksaan kendaraan dan pengujian kendaraan. “Disini kami juga memantau penguji tanpa diketahui oleh penguji agar tetap berkomitmen dengan menegakkan peraturan yang ada, sehingga kendaraan yang beroperasi telah benar-benar lulus uji. Visi kami dalam melayani adalah dengan ramah dan senyum namun tetap memiliki integritas,” pungkasnya.(budi nugraha/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *