Brebes Digadang-gadang Jadi Pusat Mangrove Dunia

Hutan Mangrove Brebes. (SM/istimewa)

BREBES- Pemerintah sudah memilih dan tengah menyiapkan Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah sebagai lokasi Persemaian Mangrove Skala Besar dan Mangrove Center of Excellence.

Kerena itu Brebes pun digadang-gadang akan menjadi atau sebagai pusat mangrove yang ada di dunia.

Terkait ini, Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Sahat Manaor Panggabean mengatakan bahwa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang miliki mangrove terluas di dunia.

Meskipun demikian, harus disadari bahwa tingkat kerusakan lingkungan juga tinggi dan selama ini mangrove tidak begitu intens dimanfaatkan.

“Sekarang kita melihat bahwa mangrove ini salah satu ekosistem yang bisa menunjukkan kita sebagai negara kepulauan, negara dengan konsep poros maritim dunia. Dengan mengelola mangrove ini dengan baik itu akan menunjukkan bahwa kita benar-benar mewujudkan konsep poros maritim itu,” kata Sahat dalam pertemuan bersama Bupati Brebes sekaligus persiapan kunjungan lapangan, dilansir laman maritim.go.id, Senin (22/2).

Sahat mengungkapkan bahwa Brebes yang disiapkan sebagai lokasi Persemaian Mangrove Skala Besar dan Mangrove Center of Excellence (Pusat Keunggulan) ialah bentuk tindaklanjut arahan dalam rapat koordinasi tingkat menteri yang menginginkan adannya percontohan-percontohan mangrove dengan skala besar. Sebab selama ini baru ada skala kecil yang dibagun serta berhasil dikembangkan dan belum ada dengan skala besar.

“Tapi kita ingin skala besar. Ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kita benar-benar menjadi pemimpin di dunia ini, kita bisa menunjukkan itu kalau konsep-konsep mulai pembibitan, mengoleksi, memanfaatkan, dan menyejahterakan masyarakat dari mangrove itu bisa terwujud,” ungkapnya. (red)

 

BACA JUGA :  Sido Muncul Sumbang Rp 500 Juta Via Kemensos RI Untuk Korban Banjir NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *